Ironis! Tak Punya Biaya Untuk Pemakaman, Mayat Sang Istri Dibiarkan Busuk

%name Ironis! Tak Punya Biaya Untuk Pemakaman, Mayat Sang Istri Dibiarkan BusukIronis! Mayat Harijati (63) istri dari Ralim (70), pensiunan perwira polisi, dibiarkan terbaring di rumah selama tiga hari hingga membusuk.

Mayat tersebut dibiarkan menginap tiga hari di rumahnya di Jalan Kebun Kopi Blok I Perumahan Asrikaton Indah, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Diduga, Ralim tak memiliki biaya untuk pemakaman.

Rumah yang ditempati itu bukan miliknya, melainkan rumah percontohan milik pengembang perumahan yang sudah rusak karena lama dibiarkan kosong. Rumah itu sangat kecil dan tanpa penyekat kamar.

Saat diketahui tetangga, Jumat (1/10/2010) petang, mayat korban sudah membusuk karena sudah tiga hari lalu meninggal dunia, Selasa (28/9/2010). Kepada wartawan, Ralim mengelak membiarkan mayat istri membusuk.

Ia beralasan menunggu keluarga istri dari Banyumas yang akan mengambil mayat itu dan memakamkannya di tempat kelahirannya di Banyumas. Namun, ditunggu hingga tiga hari, keluarganya tak juga datang sehingga mayat itu sampai membusuk.

Baunya sudah menyengat hidung. Saat diketahui warga, mayat itu hanya diselimuti kain sarung dan ditidurkan di kasur yang berada di lantai dalam rumahnya. Kemungkinan, jika tak segera diketahui tetangga, maka bisa jadi sampai beberapa hari lagi mayat itu masih terbaring di dalam rumah.

“Malam ini kami lagi mengevakuasinya” kata AK Gatot Setiawan, Kapolsek Pakis, Jumat (1/10/2010) ditulis surya.co.id.

Sejauh ini, petugas belum berani menyimpulkan penyebab kematian korban karena menunggu hasil otopsi. Malam itu, mayat korban dibawa ke Kamar Mayat RSSA Malang. Namun, berdasarkan keterangan yang didapat polisi dari pihak keluarga korban, korban meninggal dunia karena sakit perut. Karena mungkin tak ada biaya, korban tak sempat dilarikan ke rumah sakit.

Baca Juga :  Dapat Kabar Pengangkatan Jadi PNS - Demo Guru Honorer di DPR Bubar

Berdasarkan informasi lain, kondisi itu akibat dipicu kondisi ekonomi korban yang serba kekurangan. Kabarnya, keluarga itu terlilit utang. Tak pelak, ia bersama keluarganya rela menempati rumah kosong tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Sumber: http://regional.kompas.com/read/2010/10/03/00284549/Ironis.Mayat.Sang.Istri.Dibiarkan.Busuk

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 12 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*