Isi Komputer “Pembocor Wikileaks” Terungkap di Pengadilan

Bradley Manning (berkaca mata), tentara AS yang dituduh membocorkan rahasia negara ke Wikileaks

KOMPAS.com – Bradley Manning, tentara AS yang dituding membocorkan dokumen rahasia negara kepada Wikileaks, sedang menjalani persidangan. Dari sidangnya, saksi ahli bidang forensik digital mengungkapkan isi komputer yang digunakan Manning.

Agen Khusus David Shaver, yang bekerja untuk Unit Investigasi Kejahatan Komputer Militer mengatakan, satu dari dua laptop yang dimiliki Manning memiliki folder yang dinamakan “Blue”. Folder inilah yang mengandung berbagai bukti yang dianggap dapat memberatkan Manning.

Dalam folder tersebut ditemukan file zip yang berisi 10 ribu data diplomatik dalam format HTML dan dokumen spreadsheet dengan tiga tab di dalamnya. Isi ketiga tab itu berbeda-beda, namun mengarah pada aktivitas yang sama.

Tab pertama berisi skrip untuk Wget, sebuah program yang digunakan untuk mendownload file dalam jumlah besar. Skrip yang ada memungkinkan seseorang untuk terhubung langsung ke database Net Centric Diplomacy.

Database The Net Centric Diplomacy adalah database yang didalamnya terdapat dokumen dari Departemen Luar Negeri AS. Database ini berlokasi di jaringan khusus miliki militer AS yang bernama SIPRnet.

Tab kedua berisi daftar message record identification number yang merujuk pada kabel Departemen Luar Negeri dari bulan Maret dan April 2010. Sedangkan Tab ketiga informasi yang sama namun untuk kabel dari Mei 2010.

Manning dituduh mengunduh lebih dari 250 ribu dokumen kabel milik Pemerintah Amerika Serikat untuk dikirimkan ke Wikileaks. Selain itu ia juga mengunduh dokumen lain seperti, misalnya, video yang menunjukkan aksi tentara AS di Irak.

Baca Juga :  10 Negara yang Penduduknya Paling Bahagia Versi Legatum Institute

File video itu juga termasuk yang ditemukan Shaver dalam laptop Manning. Terdapat dua video yang ditemukannya, salah satunya sudah pernah diterbitkan oleh WikiLeaks dan yang satu lagi belum.

Hal lain yang ditemukan Shaver adalah sebuah skrip Wget yang mengarah ke dokumen hasil penilaian risiko pada tahanan di Guantanamo. Pada April 2011 WikiLeaks pernah menerbitkan dokumen tersebut.

Menurut Shaver, dokumen yang diunduh melalui skrip dari komputer Manning adalah sama dengan dokumen yang diunduhnya dari Wikileaks.

Manning juga dikatakan menyimpan beberapa file gambar berformat JPEG.Gambar-gambar itu menunjukkan pesawat tempur AS di medan pertempuran serta foto-foto orang yang nampaknya adalah korban luka bakar.

Meski Shaver berhasil menunjukkan hal-hal yang menghubungkan Manning dengan tuduhan padanya, saksi lain telah menunjukkan bahwa prosedur keamanan di jaringan yang digunakan Manning sungguh sangat lemah.

Sidang Manning akan dilanjutkan lagi pada Senin, 26 Desember 2011 waktu setempat.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*