Isu Mutasi Resahkan PNS Paluta

Paluta, Isu mutasi dikalangan pe­gawai Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) cukup santer dibicarakan akhir-akhir ini dan menimbulkan kegelisahan di kalangan pegawai maupun pejabat. Mutasi ini diperkirakan akan bergulir akhir bulan ini hingga pertengahan Maret 2015.

Seorang pejabat eleson III membenarkan isu ini. Menu­rutnya, isu mutasi tersebut bahkan diperkirakan juga akan meliputi pejabat eselon II dan III serta para camat di lingkungan Pemkab Paluta.

“Informasinya memang be­gitu, mungkin akhir bulan ini akan ada mutasi lagi,” kata pejabat yang namanya enggan dipublikasikan, Minggu (22/2).

Dikatakannya, selama se­minggu isu mutasi ini selalu men­jadi topik pembahasan utama para pejabat eselon di lingkungan Pemkab Paluta, mulai dari eselon II, III dan IV.

Perbincangan isu mutasi ini tidak hanya terjadi di kalangan pejabat saja, juga sudah menjadi pembicaraan hangat di kalangan politisi dan kelompok yang berkepentingan, sehingga kon­disi ini dinilai akan menyebabkan tarik menarik jabatan dan pada akhirnya akan mengurangi pela­yanan dan menurunkan kinerja para pejabat di Paluta.

Sementara itu penggiat sosial Tongku Banua Desa mengaku isu mutasi sudah menjadi kon­sumsi semua pihak, baik itu kalangan pejabat, LSM maupun wartawan yang ada di Paluta.

Menurutnya, jika memang benar dalam waktu dekat ini akan ada mutasi dan rotasi di Paluta seharusnya telah dilakukan melalui lelang jabatan. Hal itu sebagaimana diamanatkan dalam UU Aparatur Sipil Negara (ASN) Nomor 5 tahun 2014.

Baca Juga :  4 Rumah Ambruk Diterjang Longsor di Madina

“Baperjakat yang selama ini berfungsi menentukan mutasi jabatan di daerah, akan segera lenyap. Kemarin mutasi sepe­nuh­nya kewengan Bupati dan Baperjakat, ke depan pelaksa­naan mutasi harus di lelang. Hal itu sesuai UU ASN No. 5/2014, badan tersebut diganti dengan Panitia Seleksi (Pansel),” ungkapnya. (ong)

/(Analisa

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*