Jalan Lingkar Samosir Terancam Putus Total

Amblas Tampak kondisi jalan nasional (ring road) Samosir di ruas Tomok-Onan Runggu, Kabupaten Samosir, terancam putus total (amblas) akibat tingginya intensitas hujan di daerah itu. (medanbisnis/tumpal sijabat)

Samosir. Jalan lingkar (ring road) Samosir persisnya di ruas Tomok-Onan Runggu, Kabupaten Samosir, terancam putus total bila tidak secepatnya diperbaiki.

Sebab itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir mendesak pemerintah pusat segera mengambil langkah terkait tanah longsor yang terus menerus terjadi di ruas jalan nasional Palipi-Parmonangan, Kecamatan Onan Runggu-Tomok di Samosir, pada pertengahan Maret 2017 lalu.

Penyebab amblasnya jalan akibat tingginya intensitas hujan yang mengguyur kawasan Samosir beberapa waktu lalu. Ada beberapa titik ruas jalan yang mengalami amblas.

“Ini karena intensitas hujan yang cukup tinggi sehingga tergerus air dan terjadi amblas,” ujar Kepala Dinas Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Samosir Mahler Tamba kepada MedanBisnis, Kamis (23/3) di Pangururan.

Jalan yang amblas sepanjang 20 meter dengan lebar empat meter sedalam 20 meter. Namun demikian dilaporkan tidak ada korban jiwa sampai saat ini.

Mahler mengatakan, bahwa pihaknya sudah melaporkan kejadian amblasnya jalan kepada Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan sekaligus menyurati Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) agar secepatnya dilakukan penanganan supaya kerusakan yang lebih parah tidak terjadi dan juga tidak memakan korban jiwa.

“Kondisi jalan masih dapat dilalui, namun demikian, khusus untuk truk tidak bisa melintas jalan-jalan tersebut, bahkan bila hujan lebat turun sewaktu-waktu badan jalan akan putus total,” jelas Mahler. (tumpal sijabat)

Baca Juga :  Jadi Pengedar Sabu - Petugas Rutan Tanjung Gusta Diciduk

Sumber : Medanbisnis.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 2 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*