Jalan Provinsi di Paluta 25 Tahun Dibiarkan Rusak Parah

(Analisa/Istimewa) Mobil yang dikendarai Wakil Ketua Komisi C DPRD Sumut Pasiruddin Daulay, terperosok di Jalan Gunung Manobot Kecamatan Dolok, akibat kondisi jalan provinsi yang rusak parah.

Paluta, (Analisa). Jalan provinsi di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), tepatnya menghubungkan an-tara Kecamatan Dolok dengan Kecamatan Dolok Sigom-pulon, sepanjang 30 km, sudah 25 tahun lebih dibiarkan dalam kondisi rusak parah.

Akibat parahnya jalan pro-vinsi itu, Wakil Ketua Komisi C DPRD Sumut yang juga be-rasal dari daerah pemilihan Tapsel-Palas-Paluta-Madina, Drs Pasiruddin Daulay sempat terperosok di jalan provinsi yang rusak parah itu, saat me-nggelar reses, Sabtu (11/2).

Sejumlah warga setempat, mengeluhkan kepada Pasirud-din Daulay, akibat kerusakan badan jalan itu, sangat meng-ganggu kelancaran distribusi hasil pertanian masyarakat. “Misalnya, hasil sawit seba-nyak 7 ton tidak bisa dibawa sekaligus, karena kondisi jalan tidak memungkinkan truk dengan beban yang lumayan berat,” katanya.

Selain menghambat kelan-caran distribusi hasil pertanian warga, keadaan jalan yang ru-sak dan penuh lobang itu, juga menjadi kendala besar di sektor pendidikan. “Dengan kondisi jalan seperti itu, menyulitkan anak-anak yang hendak ke sekolah,” ujarnya.

Akibat kerusakan jalan provinsi yang sudah lama di-biarkan itu, kata Daulay, mas-yarakat setempat sudah mulai apatis dan kehilangan keperca-yaan kepada janji-janji yang dilontarkan pemerintahan provinsi dan kabupaten. “Pe-merintah sudah sering berjanji akan melakukan perbaikan. Namun, hasilnya hingga kini tetap nihil,” bebernya.

Akibat kondisi jalan provinsi yang kupak-kapik dan rusak parah itu, dengan sen-dirinya berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

“Bahkan, ada warga yang ingin pindah dari kecamatan itu, karena sudah tahan men-derita akibat kondisi jalan yang banyak memberikan kesengsa-raan kepada warga tersebut,” ungkap Daulay.

Baca Juga :  Bupati Tapsel Lantik 52 Pejabat Eselon III dan IV

Terkait dengan kondisi jalan provinsi yang rusak parah itu, Daulay minta Kadis Bina Marga Provsu Ir Marapinta Ha-rahap segera mengang-garkan dana perbaikan jalan itu pada APBD Sumut TA 2013.

“Masyarakat di sana sudah sangat lama mendambakan perbaikan jalan provinsi itu. Kalau memang Kadis Bina Marga Provsu Marapinta Ha-rahap tidak mampu meng-akomodir aspirasi masyarakat. Kita minta Plt Gubsu segera mengevaluasi yang bersang-kutan,” tegas Pasiruddin Dau-lay. (di)

analisadaily.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

2 Komentar

  1. baiknya jalan itu diperbaiki oleh pemilik kebun kelapa sawit yang disana saja, ya khusus yang parah diperbaiki 200 – 300 meter kan sudah membantu. Kalau harapan PU memperbaikinya langsung bisa-bisa masih panjang lagi butuh waktu baru diproses….

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*