Jalan Provinsi di Tapsel memprihatinkan

Ruas jalan di Kecamatan Arse, Saipar Dolok Hole (SDH), dan Aek Bilah, Kabupaten Tapanuli Selatan memprihatinkan dan butuh pembangunan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Kerusakan jalan provinsi itu, mulai tembus ke Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Padanglawas Utara, dan Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Kondisi badan jalan sangat memprihatinkan, karena hampir di seluruh badan jalan ditemukan lubang mirip kubangan. Selain itu, sejumlah titik jalan sangat licin karena berlumpur.

Badan jalan juga sangat sempit, sekira 6 meter, membuat kendaraan tidak leluasa melintasinya. Pengendara juga harus ekstra hati-hati karena di sisi kiri dan kanan jalan banyak jurang yang kedalamannya puluhan meter.

Udin (59), pengendara roda empat mengungkapkan khawatir saat melintas dari ruas jalan itu. Pasalnya, hampir semua badan jalan penuhi kubangan dan sangat licin ketika musim penghujan.

“Saya sangat kesulitan ketika melewati dari jalan ini, karena sangat jelek dan berlubang. Bukit di pinggir jalan sering longsor, dan banyak jurang,” ungkapnya, tadi malam.

Dijelaskan, beberapa tahun belakangan pembagunan sering dilakukan Pemprovsu. Namun karena tidak ada pengawasan dan sikap ‘main mata’ antara pejabat dengan kontraktor, maka jalan ini cepat rusak.

Sementara  B Aritonang (45), warga Desa Simangambat menjelaskan, ruas jalan provinsi di desa mereka sejak beberapa tahun terakhir tidak pernah dibangun lagi oleh pemerintah. Padahal, katanya, masyarakat daerah itu sangat mendambakan perbaikan jalan.

Baca Juga :  Dana P2KP Sidimpuan Rp7,5 M

“Kalau jalan menuju desa kami bagus, maka warga semakin leluasa untuk memasarkan hasil pertaniannya, tentu taraf perekonomian kami semakin meningkat,” akunya sembari berharap pemerintah segera membangun dan melebarkan badan  jalan.

Bupati Tapanuli Selatan, Syahrul M Pasaribu mengatakan, pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan Pemprovsu agar perbaikan jalan tersebut segera direalisasikan pada tahun anggaran 2011.

Sekretaris Fraksi Golkar DPRD Sumut Mulkan Ritonga via selular mengungkapkan, pada tahun anggaran 2011 Pemprovsu akan merealisasi pembangunannya. Pihaknya telah mengusulkan alokasi anggaran pembangunan jalan ruas jalan di tiga kecamatan tersebut.

Sumber: http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=138980:jalan-provinsi-di-tapsel-memprihatinkan&catid=15:sumut&Itemid=28

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*