Jalan Silakkitang Tambiski Tapsel Dibuka

TAPSEL – Masyarakat Desa Silakkitang Tambiski mengaku baru merasakan makna kemerdekaan. Sebab selama ratusan tahun berdiri, empat dusun di desa itu baru saja mendapat pembangunan pembukaan jalan, sehingga sekitar 300-an jiwa warga yang bermukim di sana, kini tidak terisolir lagi.

Adapun empat dusun yang dilalui pembukaan jalan melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH) itu adalah, Tambiski, Silaiya Julu, Silaiya Jae dan Silakkitang.

Fasilitator Kecamatan (FK) SDH Hamsan Rudi Siregar dan Fasilitator Tehnik Ivan Moris Sianturi pada METRO, Senin (17/3) mengatakan, pembukaan jalan tersebut merupakan usulan dari masyarakat desa yang didanai melalui proses perengkingan sesuai dengan mekanisme yang ada di PNPM.
“Pembukaan jalan tersebut terbagi menjadi dua tahap. Dimana tahap pertama pada tahun 2012 mendapatkan dana Rp312.500.000 dan berhasil dibuka dengan panjang 5 km. Pada tahun 2013 kembali mendapat pendanaan dengan jumlah dana Rp348.000.000 dengan panjang 6 km, dan itu sudah tembus hingga batas Kabupaten Paluta,” terang Siregar.

Selain pembukaan jalan, sambungnya, anggaran tersebut juga untuk membuat jembatan gelagar kayu sebanyak 3 unit dan plat beton 3 unit.

“Sesuai proposal usulan masyarakat, pembukaan jalan ini bertujuan untuk membuka keterisoliran, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, memudahkan pengangkutan hasil bumi,” ungkapnya.

Pada kunjungan Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu SH beberapa waktu lalu, Kepala Dusun Silaiya Jae Pangadilan Dongoran, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas pembangunan yang ada, sehingga mereka baru merasakan makna kemerdekaan. Ia mengatakan, kedepan mereka masih membutuhkan sentuhan pemerintah untuk melanjutkan dan meningkatkan kualitas jalan tersebut.
Dikatakan, dengan dibukanya jalan itu, maka mereka akan lebih mudah membawa hasil bumi ke Pasar Mandalasena.

Baca Juga :  Masyarakat Antusias Rekam e-KTP

“Dan jarak dengan kabupaten tetangga, yakni Desa Sungai Tolang, Kecamatan Dolok, Paluta, hanya sekitar 1,5 km lagi agar tembus,” terangnya. (ran)

Sumber: www.metrosiantar.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

3 Komentar

  1. Jika sudah ada jalan disana, pasti ekonomi desa akan meningkat. Terima kasih atas perhatian pemerintah. Horas,

    Aman Sipahutar, Bontang , Kalimantan Timur.

  2. Mudah-mudahan pembukaan jalan ini terus ditingkatkan dan diperbaiki sehingga layak dilalui baik musim hujan maupun musing kering, alias di aspal sebagaimana mestinya…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*