JALINSUM DITERJANG BANJIR DAN LONGSOR – Sibuhuan-P.Sidimpuan Putus Total

Jumat, 20 November 2009 – www.harian-global.com

Arus transportasi Sibuhuan dan Padangsidimpuan hingga kemarin masih putus total, menyusul longsor yang menutupi ruas jalan lintas Sumatera (Jalinsum) di Kecamatan Sosopan, Kabupaten Padanglawas (Palas) pada Senin lalu.

Informasi yang dihimpun Global Rabu (18/11), sejumlah titik yang diterjang banjir dan longsor itu di antara Desa Pagarambira Julu dengan Desa Hutabargot jalan terputus sepanjang 50 meter.

Di antara Desa Binanga Tolu dengan Desa Aek Bargot terjadi longsor yang mengakibatkan ratusan kayu tumbang ke badan jalan dan menimpa beberapa rumah warga di sekitarnya.

Di antara Desa Ulu Aer dengan Desa Sianggunan terjadi longsor di sekitar Jalinsum yang mengakibatkan jalan tersebut tidak dapat dilewati kendaraan roda dua dan empat, dan di Desa Hutabargot sepanjang jalan dipenuhi batu yang besar.

Pengakuan warga Sosopan, H Lokot Nasution warga Desa Siundol mengatakan, longsoran itu akibat hujan terus menerus sepekan belakangan ini. Longsor itu terjadi pada Senin (16/11) sekitar pukul 24.00 Wib.

Warga yang bermukim di sekitar lokasi longsor berharap agar Pemprovsu melalui Dinas Jalan Jembatan memberi perhatian terhadap kondisi jalan di wilayah kecamatan Sosopan yang tergolong rawan longsor tersebut.

Bupati Palas Basyrah Lubis SH melalui Sekdakab Drs Syahrul Mulia Harahap SH MSi mengatakan, telah menerima laporan kejadian tanah longsor di beberapa di jalan lintas Sumatera via Kecamatan Sosopan tersebut.

Baca Juga :  Wabup Paluta Ambil Sumpah 535 CPNS

Disebutkan, kondisi ini telah dilaporkan secara lisan kepada Kadis Jalan dan Jembatan Provsu Ir Umar Junaidi Hasibuan untuk menanggulangi tanah longsor yang menutupi badan jalan di beberapa titik.

Sementara itu, Ellin Haposan Rangkuti SH Camat Sosopan mengimbau, kepada seluruh lapisan masyarakat agar memperkuat amalan di masjid guna menangkal bencana alam tersebut. “Musibah ini merupakan cobaan kepada warga masyarakat khususnya yang berdomisili di Kecamtan Sosopan,” hiburnya.

PostLink: https://apakabarsidimpuan.com/2009/11/jalinsum-diterjang-banjir-dan-longsor-sibuhuan-p-sidimpuan-putus-total/

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

  1. pangidoan nami sian masyarakat padang lawas khusus na kec.sosopan anso di benahi jolo dalan ta na putus i,lagian pe dalan tai kan dalan lintas dei,i wajib do hita rawat i.thanks

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*