Jalinsum Pasar Matanggor-Sibuhuan Longsor

(Analisa/tohong p harahap) AMBLAS: Badan jalan yang berada di Desa Saba Balik, Kecamatan Batang Onang amblas, Rabu (10/12).

Batang Onang, Jalan Lintas Sumatra (Jalinsum) Pasar Matanggor, Kecamatan Batang Onang, menuju Ibukota Kabupaten Padang Lawas Sibuhuan tepatnya di Desa Saba Balik, Kecamatan Batang Onang rawan longsor dan membahayakan pengguna jalan.

Separuh badan jalan sudah amblas dengan kedalaman 5 hingga 15 meter. Warga setempat berharap pemerintah segera melakukan upaya perbaikan agar ke depannya tidak memakan korban jiwa.

Menurut Soripada Harahap (37) warga setempat, kerusakan yang terjadi di Desa Saba Balik itu berlangsung sejak musim hujan belakangan ini kerap melanda Kecamatan Batang Onang, sehingga akibat seringnya hujan turun mengakibatkan separuh badan jalan longsor.

“Kurang ingat pastinya kapan tapi yang jelas sejak musim hujan ini badan jalan ini menjadi longsor, kemungkinan karena curah hujan tinggi,” ujar Soripada Harahap, Rabu (10/12).

Sebagai pengguna jalan yang biasa melintas di kawasan itu, ia mengaku resah dan was-was jika melewati jalan itu pada malam hari, sebab separuh badan jalan tersebut sudah amblas dengan kedalaman 5 hingga 10 meter.

Kekhawatirannya pun diakuinya semakin bertambah di saat hujan turun pasalnya bencana longsor bisa saja terjadi dan mengancam jiwa pengguna jalan.

Senada dikatakan oleh supir angkutan desa, Borohim Siregar (35). Menurutnya setelah badan jalan amblas, kenderaan roda empat tidak bisa lagi melewati jalan secara bersamaan (berpapasan), demi keamanan dan keselamatan, para supir yang hendak lewat harus bergantian sebab ruas badan jalan sudah menyempit.

Baca Juga :  Manasik Haji Akbar Kota Padangsidimpuan Direncanakan Kamis

“Kalau tak bergantian, bisa-bisa angkutan kita terperosok ke dalam jurang,” ungkapnya.

Keduanya berharap, semoga pemerintah peka dan respon terhadap kerusakan badan jalan ini, apalagi katanya jalan tersebut adalah satu-satunya akses utama masyarakat yang ada di Kecamatan Batang Onang menuju Sibuhuan, Kabupaten Palas. (ong)

/(Analisa)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*