Jalinsum Purba Lamo Belum Juga Diperbaiki

Jalan lintas Sumatera (jalinsum) yang mengalami longsor di Desa Purba Lamo, Kecamatan Lembah Sorik Marapi dan Desa Usor Tolang, Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) perlu mendapatkan penanganan prioritas dari pihak Balai Nasional I agar tidak semakin parah.

Badan jalan yang amblas di kedua titik itu terjadi sekitar Oktober 201. “Penanganan dan perbaikan kedua titik  itu perlu ditangani. Artinya, dana harus dapat dialokasikan untuk perbaikan jalinsum yang rusak akibat faktor alam itu,” ujar Sangkot Syukur Nasution, pengurus LSM di daerah itu, tadi malam.

Menurutnya, pihak Balai Nasional yang menangani pemeliharan jalinsum di wilayah Aceh, Sumut dan Sumbar, sudah sepantasnya memperbaiki badan jalan yang abrasi itu, karena merupakan urat nadi pergerakan arus barang dan penumpang dari Sumut ke Jawa maupun sebaliknya.

Dikatakan, apabila tidak segera ditangani kondisinya akan semakin parah. ”Badan jalan utama itu jangan terputus dan menyebabkan tersendatnya arus penumpang dan barang,” jelasnya.

“Sehingga, pemeliharaan badan jalan yang padat arus lalu lintas itu dapat berkesinambungan, apalagi dalam kondisi musim penghujan sekarang ini, sewaktu-waktu bisa saja terjadi jalan longsor dan tertutup timbunan tanah dan kayu-kayu besar,” katanya.

Hal senada disampaikan, Ikhsan Lubis, salah seorang tokoh pemuda Mandailing Julu. Program pemeliharaan jalinsum di titik yang longsor sudah sangat mendesak dan harus menjadi prioritas .

Baca Juga :  Pentas Seni dan Senam Massal - Meriahkan HUT ke-64 Tapsel

”Meski jalan yang longsor itu tidak membuat  arus barang dan penumpang ke Jawa dan Sumatera terputus. Jika tidak diperbaiki saat ini, bisa-bisa badan jalan yang amblas melebar sehingga hubungan lalu lintas putus total,” ucapnya. (waspada.co.id)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

  1. Kata orang yang pulang kampung… Jalan Lintas Sumatera dari Lampung sampai Ke Medan, yang paling parah itu berada di wilayah Tapanuli Selatan, Padanglawas, Madina.
    Begitu masuk wilayah Tapanuli Selatan, Padanglawas, baik dari arah Pekanbaru maupun dari awah Sumatera Barat, maka kita sudah harus hati2 dengan Kecilnya lebar Jalan Raya, PInggir Setiap Jembatan yang sempit dan banyak berlobang sebelum dan setelah bibir pinggir jembatan, Jalan berlobang2, Longsor, Tebing, Jalan tanjakan, belokan-belokan Tajam, Tingkat Kelurusan Jalan…. Mutu Aspal Jalan yang kurang baik dan lainnya. Dan yang paling parah adalah Lebar Jalan di Tapanuli Selatan, Madina, Padangsidempuan. Lebar setiap jalan baik jalan keluar kota maupun di dalam kota sangat memprihatinkan.
    Harusnya kalau diperbaiki itu makin lebar.. tapi kalau di Tapanuli Selatan, Padangsidempuan, Madina Lebar jalan itu bisa lain kalau diperbaiki…..
    Benar atau tidaknya sih.. harus diperiksa semua lebar jalannya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*