Jalinsum Sidimpuan Rusak Parah, Arus Mudik Terhambat

PADANGSIDIMPUAN – Kondisi Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) persisnya di Desa Ujung Gurap, Kecamatan Batunadua Kota Padangsidimpuan memprihatinkan. Badan jalan rusak parah dan sulit untuk dilewati kendaraan, apalagi setelah hujan turun.

Kondisi tersebut sudah berlangsung sejak beberapa tahun yang lalu, namun hingga kini belum ada perbaikan.Padahal jalan itu digunakan sebagai sarana transportasi arus mudik masuk dan keluar Kota Padangsidimpuan.

Kini kondisinya hampir tidak bisa dilintasi, badan jalan dipenuhi lubang hingga ke dalam 50 sentimeter. Lubang-lubang tersebut memenuhi hampir disemua ruas jalan, sehingga menyulitkan para pengendara untuk melintas.Selain berlubang,badan jalan juga licin karena jalan yang mempunyai lebar sekitar delapan meter tersebut dipenuhi lumpur.

Situasi itu semakin parah apabila hujan datang.Tidak bagusnya drainase jalan membuat air menjadi tumpah ke badan jalan.Menurut Putra,36, salah seorang pengendara mobil mengungkapkan,dia kesulitan membawa mobil ketika melintas dari badan jalan tersebut. Laju mobil tidak bisa dibuat kencang,karena badan jalan sangat rusak.“Lubangnya sangat parah, makanya kami tidak bisa kencang,”ujarnya.

Kondisi seperti itu membuat rugi para pengendara mobil. Sebab, peralatan mobil menjadi rusak. Dia berharap kepada pemerintah untuk segera memperbaiki jalan itu. Apalagi jalan itu merupakan jalan utama untuk transportasi mudik.“Saya berharap agar jalan ini diperbaiki, karena sudah kondisi seperti itu sudah tiga tahun lebih,”ungkapnya.

Lain lagi pengakuan Fajri Lubis, 28,pengendara sepeda motor. Menurutnya,setiap melintas badan jalan terasa licin,karena jalan itu dipenuhi lumpur.“Pokoknya apabila musim penghujan, saya tidak berani lewat dari daerah ini, karena sangat licin dan saya takut jatuh,”ujarnya.

Baca Juga :  Balai Pertanian Binanga PALAS Ditumbuhi Rumput

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padangsidimpuan Sarmadhan Hasibuan menjelaskan, pemerintah sudah menyurati pihak provinsi agar segera memperbaiki badan jalan tersebut. Bahkan, sejumlah instansi terkait sudah membuat ekspos ditingkat provinsi.“Kami sudah menempuh semua cara agar seluruh badan jalan provinsi di Kota Padangsidimpuan segera diperbaiki,”ungkapnya.

Bahkan pihaknya juga sudah membuat surat permohonan kepada pemerintah pusat agar memperbaiki jalan nasional di Kota Padangsidimpuan.Sayangnya, hingga saat ini belum ada perbaikan yang maksimal dari pemerintah pusat.“Kami merasa kecewa,karena baik pemerintah provinsi maupun pusat belum ada yang menggrubis surat permohonan kami,”ujarnya.

Terpisah,Wakil Ketua Komisi II DPRD Padangsidimpuan Khoiruddin Nasution menilai pemerintah sangat lamban dalam melakukan pendekatan ke provinsi maupun nasional. Lambannya pemerintah itu dibuktikan dengan rusak parahnya jalan provinsi di Desa Ujung Gurap.“Sudah bertahun-tahun kondisi jalan itu rusak, tapi belum ada perbaikan,itu merupakan salah satu kelemahan pemerintah,” ujarnya.

Dia mengatakan,seharusnya pemerintah membuat sarana dan prasarana seperti penerangan dipinggir jalan,sehingga pihak provinsi mempercepat perbaikannya. Dia menilai, tidak adanya fasilitas pendukung merupakan salah satu kelemahan pemerintah daerah dalam mengembangkan daerahnya. ??zia ul haq nasution (seputar-indonesia.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*