Jalinsum Sipirok-Sidimpuan Lumpuh

(Analisa/hairul iman hasibuan) ANTRIAN PANJANG: Ratusan kendaraan antrian panjang akibat arus lalu lalulintas lumpuh di Jalinsum Sipirok- P.Sidimpuan, Minggu (9/11).

Tapsel, . Akibat longsor dan lumpur, Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Sipirok menuju Kota Padangsidimpuan lumpuh.

Pantauan Analisa, Minggu (9/11), ratusan kenderaan terjebak macet disejumlah titik longsor yaitu kawasan Aek Latong baru, Desa Kilang Papan, dan Situmba Kecamatan Sipirok.

Banyak kenderaan yang terperosok akibat badan jalan yang licin dan berlumpur. Belum lagi, ketidak sabaran para pengendara berlawanan arah yang ngotot melewati kawasan tersebut.

Kondisi itu membuat antrian panjang kenderaan mencapai sekitar 10 Kilometer dan lumpuh 10 jam lebih.

Menurut salah seorang pengendara roda empat Umri (34), ia terjebak kemacetan dikawasan Jalinsum Sipirok-P.Sidimpuan sejak pukul 05.00 WIB.

“Banyak galian pelebaran jalan dikawasan itu, karena musim hujan, bekas tebing yang dikorek alat berat longsor, tanahnya melumpuri jalan, hingga membuat banyak kenderaan tergelincir,” ungkapnya.

Hal senada dikatakan Ali Murni (40), yang menyesalkan pengerokan tebing untuk pelebaran jalan yang dilakukan pemerintah Tapsel tanpa pertimbangan matang.

“Sudah tahu November-Desember musim hujan, tapi malah proyek pelebaran jalan dikerjakan dibulan itu, akibatnya tanah longsor dan badan jalan berlumpur, ” katanya.

Hal itu katanya, penyebab kerapnya kemacetan dan kecelakaan dikawasan ibukota Tapsel tersebut. “Jika bukan karena lumpur dibadan jalan hasil pengerokan pelebaran jalan, kemacetan terhindar dikawasan itu, “katanya.

Baca Juga :  APBD Tapsel 2011 Rp 573 Miliar Lebih

Diharapkannya, pihak kepolisian dan Pemkab Tapsel siaga dilokasi pelebaran jalan tersebut, guna mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas di Jalinsum padat kenderaan tersebut.

Jalinsum mulai bisa dilalui siang hari, setelah sejumlah truk yang terperosok bisa diamankan. (hih)

/(Analisa)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

  1. Mudah-mudahan ma nian tibu dipature ate dalan on, dungi sekalian diperlebar dalan nai musena anso mur jeges dalan di Tapsel on…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*