Total Rp236 M – Perbaikan Jalan Pantai Barat

(metrosiantar), Sejak lepas dari Jalinsum Tapanuli Utara, pengemudi mobil selalu mengutuk karena hancur leburnya jalan tatkala memasuki wilayah Tapanuli Tengah. Namun tahun ini dijamin seluruh jalan di wilayah Pantai Barat akan mulus. Anggota Dewan Sumatera Utara Maratua Siregar mengungkapkan, tahun ini pemerintah pusat mengalokasikan Rp236 miliar lebih untuk pembangunan jalan nasional di kawasan Pantai Barat. Khusus batas Sibolga–Taput dialokasikan Rp25 miliar. Batas Tapteng–Tarutung Rp6 miliar. Batas Sibolga–Batangtoru Tapsel Rp134 miliar.  Selain itu pemerintah pusat juga mengalokasikan dana pembangunan jalan Rampa–Poriaha Tapteng Rp11 miliar dan Sipirok Tapsel–Tarutung Rp60 miliar. “Tahun ini anggaran pusat untuk perbaikan dan pembangunan jalan di kawasan Pantai Barat Sumut cukup besar,” terang Maratua, kemarin.

Mantan Ketua DPRD Tapteng ini juga mengatakan, untuk jalan Sibolga batas Taput tidak hanya sekedar pembangunan jalan, tapi juga dilakukan pelebaran dari 4 meter menjadi 6 meter. “Itu sesuai yang kita minta karena lebar jalan sekarang hanya 4 meter yang dibangun sejak zaman Belanda,” kata Maratua.

Sebelumnya, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Provsu, Siduhuaro Dachi yang dikonfirmasi kemarin tidak memungkiri bahwa kerusakan jalan di wilayah Pantai Barat, terutama wilayah Tapteng semakin meluas. Kondisi itu seperti terbiarkan karena minimnya anggaran pemeliharaan. Tahun 2011 misalnya, pusat hanya menggelontorkan Rp7 miliar.

Baca Juga :  Syamsul Arifin Harus Legowo

“Dengan anggaran seminim itu kita tidak bisa berbuat banyak. Apalagi melihat kondisi dan medan jalan Sibolga-batas Taput. Di samping masih rusak jalan itu rawan longsor,” katanya.

Di tahun 2012 ini, sambung Dachi, seluruh kerusakan jalan nasional di wilayah Pantai Barat bisa teratasi. Sebab pemerintah pusat—berkat perjuangan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional dan DPRD Sumut— telah mengalokasikan anggaran cukup besar untuk perbaikan dan pembangunan jalan.

Ketua Lembaga Pemerhati Pengkajian Pembangunan Sosial (LP3SU) Henry R Lumbantobing atau akrab disapa Totok mengaku prihatin dengan kondisi jalan nasional di wilayah Pantai Barat Sumut, terutama jalan Sibolga-Tapteng, Sibolga-Taput, dan Sibolga–Tapsel. Menurutnya, jalan Sibolga-batas Taput dan Sibolga–Tapsel tidak lagi sekedar pemeliharaan. Melainkan harus dilakukan peningkatan.

“Kita harap jalan itu bisa segera diperbaiki dan perencanaannya harus benar benar matang, khususnya untuk Sibolga-batas Taput,” kata Totok, Minggu (29/1).

Senada, aktivis LSM Kupas Tumpas Sibolga-Tapteng Makmur Pakpahan mengatakan, anggaran pemeliharaan jalan yang dikucurkan pada tahun 2011 lalu sangat minim. Padahal panjang jalan Sibolga–Taput dan Sibolga–Tapsel yang harus dipelihara ada sekitar 171 km. Belum lagi untuk pembangunan bronjong dan batu pasangan untuk mengatasi rawan longsor. (mora/vin)

Sumber: metrosiantar.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Walikota Padangsidimpuan Pergi, Perekrutan CPNS Telantar

2 Komentar

  1. ya mudah-mudahan bukan hanya omongan saja dan Lebar jalan Jalinsum dan banyaknya belokan yang seharusnya bisa diluruskan, harusnya menjadi sorotan untuk pembangunan dan perbaikan.
    Banyak kendaraan harus berhenti di Jalinsum di Tapanuli Selatan jika berpapasan dengan kendaraan yang besar. Apalagi kalau sama-sama kendaraan besar berpapasan… maka harus ada yang mengalah untuk berhenti atau minimal memperlambat kendaraannya demi menghindari kecelakaan terbalik / masuk ke saluran jalan hanya gara-gara lebar jalan yang sangat sempit.
    Jadi minimal 6 meter adalah lebar jalan yang tidak bisa ditawar2 lagi untuk standar lebar jalan seperti JALINSUM…. dan khusus u belokan sudah sepantasnya diperlebar minial menjadi 7-8 meter bukan 6 meter lagi…

    Ya mudah-mudahan tidak asal jadi aja nanti perbaikannya atau diperbaiki tapi lebarnya berkurang 3-5 cm dari kiri dan kanan…sekali lagi mudah-mudahan…..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*