Jalinsum Sosopan Longsor

11 November 2009 – www.harian-global.com

Menyusul tingginya curah hujan, dalam sepekan belakangan ini di wilayah Kabupaten Padanglawas (Palas) mengakibatkan terjadi longsor sepanjang 3 Km disepanjang Jalinsum di Kecamatan Sosopan.

Longsor itu berdampak pada penyempitan ruas jalan sehingga kelancaran arus transportasi angkutan umum dan penguna jalan via Sibuhuan menuju Padangsidimpuan, menjadi terganggu.

Informasi yang dihimpun Global, Selasa (10/11) dari sejumlah warga sekitar lokasi longsor di Desa Hulim menyebutkan longsor berada di beberapa titik mulai dari Desa Uluaer, Desa Hulim, hingga Desa Sianggunan sampai perbatasan ibukota Kecamatan Sosopan.

Pengakuan warga Sosopan, peristiwa longsor itu terjadi pada Senin (9/11) sekitar pukul 24.00 Wib, di mana tebing yang terdapat di sisi kanan badan jalan longsor terbawa arus air yang cukup besar. “Transportasi sempat terputus, tidak bisa dilalui kendaraan,” kata seorang warga M Nasution.

Basyrah Lubis SH Bupati Palas melalui Sekdakab Drs Syahrul Mulia Harahap SH MSi, kepada Global, Selasa (10/11) mengatakan telah melaporkan secara lisan kepada Kadis Jalan dan Jembatan Provsu Ir Umar Junaidi Hasibuan.

Pemkab berharap pemprovsu segera menanggulangi tanah longsor yang menutupi badan jalan di beberapa titik, dengan menurunkan alat berat untuk membersihkan longsoran tanah dari badan jalan, sehingga akan memperlancar arus transportasi.

Amatan Global di lokasi longsor, puluhan kendaraan baik roda dua dan empat serta truk, angkutan umum, harus antrean panjang untuk bisa melanjutkan perjalanan mengingat badan jalan tertimbun dengan kondisi licin dan berlumpur.

Baca Juga :  Tidak Lulus UN, Siswa Kota Padangsidimpuan Bisa Ikuti UN Ulangan 10-14 Mei 2010

PostLink: https://apakabarsidimpuan.com/2009/11/jalinsum-sosopan-longsor/

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*