Jangan terlalu sering bermain PS jika tak mau begini!

Tidak dipungkiri, konsol game Playstation adalah salah satu sarana bermain yang menjadi favorit di hampir di seluruh negara. Namun hati-hati untuk tidak terlalu sering bermain dengan Playstation karena akan menimbulkan penyakit yang sulit untuk disembuhkan.

Seperti yang dikutip dari dari Odde (23/11), seseorang yang terlalu sering bermain dengan game Playstation, akan mengalami penyakit yang disebut sebagai ‘Playstation Thumb’.

Sebenarnya itu bukan nama asli dari penyakit tersebut, namun karena kebanyakan penyakit itu diderita oleh gamer, terutama Playstation, maka dinamakan sebagai ‘Playstation Thumb’. nama sebenarnya adalah ‘Stenosing Tenosinovitis’.

Stenosing tenosinovitis adalah kondisi yang menyakitkan saat jari atau jempol seperti terkunci dan tak bisa digerakkan, baik ditekuk atau diluruskan. Hal ini disebabkan saraf yang terletak pada jempol atau jari lainnya mengalami penyempitan dan peradangan. Penyempitan saraf tersebut lantas mengakibatkan pembengkakan pada ibu jari dan terlihat sangat mengerikan, bahkan seperti melepuh.

Penyebab penyempitan saraf itu adalah terlalu seringnya ibu jari bergerak secara berulang-ulang dan berlebih. Bisa juga disebabkan karena aktivitas yang dilakukan terus-menerus dalam pekerjaannya, seperti merajut, meremas, mencengkeram, atau berkebun dengan intensitas tinggi dan berat. Pada laki-laki biasanya dipicu karena bermain musik atau playstation.

Gejala awal biasanya terasa nyeri pada pagi hari dan rasa tersebut akan bertambah saat siang hari.

Lantas, bagaimana cara pengobatannya? Istirahat.

Baca Juga :  Seberapa Hebat Teknologi Militer Korea Utara?

Ya, istirahat adalah metode pengobatan yang sangat dianjurkan. Tentunya dengan tidak melakukan hal-hal yang memicu rasa sakit itu timbul. Bagi Anda pecandu Playstation dilarang untuk bermain konsol game tersebut itu dulu. Pengobatan lainnya bisa menggunakan obat-obat yang disarankan oleh dokter. Namun apabila terlalu parah, bedah adalah salah satu solusi untuk membuka saraf yang mengalami penyempitan.

Lama masa penyembuhan mungkin sedikit lebih lama, namun dinilai lebih efektif. Nah, bagi Anda yang sering bermain playstation diharapkan untuk tidak terlalu intens, sebab bahaya yang ditimbulkan selain ‘kecanduan’, gangguan penglihatan, juga pada saraf jari-jari Anda. Maka, berhati-hatilah, karena tidak semua perkembangan teknologi dapat membantu keseluruhan aspek kehidupan Anda.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*