Jawa Barat Bangun Pusat Internet Exchange

IXP network switch Jawa Barat Bangun Pusat Internet Exchange
(illustrasi)

(Bandung, 10 November 2013) Jawa Barat sebentar lagi akan memiliki pusat internet sendiri. Jawa Barat Internet eXchange (JBIX) atau biasa disebut JABR-IX oleh komunitas APJII Jawa Barat, akan segera diresmikan di Bandung sebagai pusat jaringan internet di Jawa Barat. Ketersediaan internet exchange ini diyakini akan mempercepat akses internet dan sekaligus menurunkan biaya penggunaan internet di wilayah Jawa Barat.

JABR-IX merupakan lembaga non profit yang pengelolanya terdiri dari penyelenggara internet Indonesia yang berijin dan terdaftar sebagai anggota di APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia). APJII sendiri akan melakukan pengukuhan pengurus wilayah (Pengwil) Jawa Barat dalam waktu dekat.

Sebagai muara interkoneksi akses internet untuk jaringan internet wilayah Jawa Barat maka nantinya semua penyedia layanan akses internet di Jawa barat akan terhubung ke jaringan JABR-IX. “Saat ini sudah terdaftar 33 anggota Internet Service Provider yang akan menggunakan layanan ini seperti perusahaan-perusahaan telekomunikasi utama Telkom, Indosat, XL, Biznet dan lainnya”, ujar Prasetya Yudi, Ketua JABR-IX dalam penjelasan tertulis yang disampaikan ke media kemarin.

JABR-IX di desain untuk akses internet berkecepatan tinggi untuk kepentingan bisnis, sosial maupun keamananan. Selain masuknya infrastruktur Fiber Optic dari berbagai penyedia jaringan yang memiliki ijin beroperasi di Indonesia, di JABR-IX ini akan ditempatkan pula Google Cache, Akamai dan content lainnya yang dapat meningkatkan kecepatan akses ke content-content tersebut dari sisi penggunanya secara significant.

Baca Juga :  Jatuhnya Pesawat Tiga Dasawarsa

Dijelaskan Yudi lebih lanjut penempatan perangkat interkoneksi JABR-IX akan diikuti dengan pembangunan infrastruktur pendukung berupa DATACENTER, dimana siapapun pihak yang berminat dapat menempatkan servernya (dengan menyewa), termasuk dari kalangan perbankan untuk keperluan DRC (Disaster Recovery Center).

Keberadaan JABR-IX dinilai sangat strategis mengingat banyak penyedia konten dari berbagai pelaku usaha, lembaga pendidikan dan kantor pemerintahan daerah yang berkantor di Jawa Barat khususnya Bandung.

“Dibangunnya JABR-IX untuk para pelaku usaha seperti perbankan, valas dan saham misalnya sangat peka terhadap kehandalan, kecepatan dan keamanan akses internet. Sementara itu pendidikan tinggi juga memiliki digital library yang membutuhkan akses internet cepat ”, kata Yudi.

Keuntungan lain dibangunnya JABR-IX adalah potensi menempatkan kantor operasional sedekat mungkin dengan data center dari para pelaku usaha yang berkaitan dengan teknologi. Faktor ini jelas akan berdampak pada efisiensi perusahaan sehingga memperbesar peluang untuk meningkatkan bottom line keuangan perusahaan.

Bagi pihak-pihak yang menginginkan informasi lebih lanjut Yudi menyarankan untuk segera menghubungi sekretariat JABR-IX di Gedung Mayapada Jl. Sudirman Bandung (P-R)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*