Jelang Ramadan, Kapolri: Jangan Nimbun & Oplos Sembako

Bahan Sembako – antaraphoto

JAKARTA–Kepolisian memperingatkan pengusaha dan pedagang bahan pangan untuk tidak melakukan aksi spekulasi, penimbunan, pengoplosan, penyelundupan, dan permainan harga menjelang puasa dan Lebaran.

“Saya ingatkan pada penguasaha yang akan memainkan harga, membuat keresahan, jangan lakukan penyimpangan karena bisa berhadapan dengan hukum,” tegas Kapolri Badroddin Haiti seusai rapat terbatas di Kantor Presiden, Rabu (3/6).

Kapolri mengatakan momentum tahunan Ramadhan dan Lebaran kerap dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk melakukan spekulasi, memainkan harga, melakukan penimbunan, penyelundupan, serta pengoplosan. Untuk itu, jajaran Kepolisian siap melakukan antisipasi dengan memperketat pengawasan di lapangan.

Antisipasi tersebut sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo yang memerintahkan Kapolri untuk menindak tegas siapapun yang menimbun BBM maupun Sembako.

“Saya juga ingin memerintahkan kepada Kapolri untuk menindak tegas siapapun yang menimbun, baik yang berurusan dengan BBM, berkaitan dengan kebutuhan pokok betul-betul jangan diberikan ruang, untuk para spekulan yang mengambil keuntungan,” kata Jokowi dalam pembukaan rapat tersebut.

Tindak lanjut dari instruksi Presiden, kata Badroddin, Polri akan mengadakan kegiatan Cipta Kondisi menjelang puasa dan Lebaran.
Kegiatan tersebut berupa pengawasan oleh personil Polri untuk memantau situasi yang berisiko menimbulkan keresahan masyarakat, termasuk penimbunan, pengoplosan, dan penyelundupan.

“Beberapa penyelundupan bawang merah sudah dilakukan penangkapan. Beras juga kita pantau,” pungkas Kapolri.


Bisnis.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Puskapol UI Pastikan Hanya Dua Quick Count Netral

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*