Jelang Ramadhan Harga Sembako Merangkak Naik Di Sakumpal Bonang

Menjelang Ramadan, harga sembilan bahan pokok (sembako), seperti gula, minyak goreng, bawang, pulut, jenis kacang-kacangan, dan kebutuhan lainnya, di Pasar Sangkumpal Bonang, Kota Padangsidimpuan, merangkak naik.

Pemilik Usaha Dagang (UD) Fajar Harapan di Pasar Sangkumpal Bonang, M Sihombing, Jumat (30/7), mengatakan, kenaikan sejumlah kebutuhan pokok sudah berlangsung sejak dua pecan terakhir. Bahkan, khusus untuk minyak goreng harganya terus berubah-ubah dalam waktu sehari.

“Harga beli minyak goreng ke agen terus berubah-ubah. Baru kemarin Rp8.150 sekarang sudah Rp 8.250 per kilogram (kg). Dan kita prediksi harga tersebut akan terus naik,” ungkapnya.

Sementara itu, harga beras belum mengalami kenaikan yang signifikan. Sebab, saat ini di sejumlah daerah, seperti Sipirok yang terkenal dengan beras Latian dan Siporangnya, serta Angkola Julu, Batang Angkola, masih dalam masa panen.

“Harga beras masih stabil hanya saja ada terjadi sedikit peningkatan permintaan untuk jenis pulut putih. Kalau biasanya terjual hanya 2 karung, sekarang sudah mulai habis 4 karung setiap hari. Dan memang permintaan untuk jenis pulut di bulan Ramadan akan selalu meningkat, mungkin karena banyak digunakan untuk membuat makanan bukaan dan kue-kue,” kata Umak Rahmat, pedagang beras di Pasar Sangkumpal Bonang.

“Sebenarnya tidak ada kaitan akan kenaikan harga beras meskipun di bulan puasa. Sebab, patokan kenaikan harga beras ditentukan oleh musim panen,” tutur Umak Rahmat.

Baca Juga :  Kadis Nakersos P.Sidimpuan dilaporkan ke polisi

Adapun sejumlah harga yang merangkak naik dan berhasil dicatut METRO, antara lain, minyak goreng curah dari Rp8.500 per kg menjadi Rp9.000 per kg, minyak goreng putih dari Rp10.000 per kg menjadi Rp11.000 per kg, bawang putih dari Rp23.000 menjadi Rp24.000 per kg, bawang merah dari Rp19.000 menjadi Rp20.000, kacang hijau Medan dari Rp17.000 per kg menjadi Rp9.000 per kg, sedangkan kacang hijau lokal dari Rp14.000 per kg menjadi Rp15.000 per kg.

Sumber: http://metrosiantar.com/sidimpuan_raya_/Harga_Sembako_Merangkak_Naik_

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*