Jembatan Naga Juang Madina Amblas, Warga 10 Desa Terancam Terisolir

Panyabungan (SIB)
urgent Jembatan Naga Juang Madina Amblas, Warga 10 Desa Terancam TerisolirJembatan yang menghubungkan Kecamatan Naga Juang dengan ibukota Panyabungan putus. Jembatan yang memudahkan akses transportasi dari Kecamatan Naga Juang menuju Jalan Lintas Sumatera amblas sepanjang 3 meter sehingga warga di 10 desa terancam terisolir.

Informasi yang dihimpun SIB dari warga setempat, Minggu (4/4), jembatan yang amblas tersebut merupakan jembatan penghubung yang dibangun tahun 2005 oleh PT Waskita Karya dengan panjang ratusan meter dan menelan anggaran puluhan miliar rupiah.
Menurut Bahrum Nasution, salah seorang warga masyarakat Jambur Padang Matinggi di lokasi kejadian, jembatan tersebut merupakan kebanggan warga Madina karena memudahkan akses transportasi warga Kecamatan Naga Juang yang terkenal dengan penghasil kemiri dan pisang, untuk melintas Sungai Batang Gadis.

Dikatakannya, jembatan itu dulunya perjuangan warga Kecamatan Panyabungan Utara (sebelum Naga Juang mekar), karena warga puluhan tahun merasa tersisolir untuk menyeberangi Sungai Batang Gadis. Warga harus melalui rakit dan kemudian dibangun jembatan gantung, namun jembatan gantung itu tidak dapat dilewati kenderaan bermotor sehingga pemerintah membangun jembatan permanen.
“Jembatan ini dilalui oleh warga 10 desa yang berada di seberang Sungai Batang Gadis tersebut yaitu Desa Tambiski, Tarutung Panjang, Humbang I-II, Sayur Matua, Banua Simanosor, Banua Rakyat, Sorik, Simanondong dan Pardomuan. Namun kini jembatan amblas sehingga transportasi terputus,” jelasnya.

Warga sangat mengharapkan pemerintah segera memperbaiki kembali jembatan yang amblas tersebut dan lebih selektif terhadap penggunaan anggaran yang disalurkan melalui PSDA Kabupaten Madina, karena setiap tahunnya dana dianggarkan bagi pemeliharaan jembatan. (T-9/o)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  KPU Madina Umumkan Nama-nama PPK

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*