Jika Ada Lakalantas, Laporkan Segera!

SIDIMPUAN- Jika ada kecelakaan lalu-lintas (lakalantas) diharapkan kepada seluruh masyarakat untuk pro aktif dengan melaporkannya secepat mungkin kepada petugas Polisi Lalu Lintas (Polantas) terdekat. Imbauan ini disampaikan Kapolres Padangsidimpuan (Psp) AKBP Andi S Taufik SIk MSi melalui Kasat Lantas AKP Asmara.

Katanya, jika secepatnya dilaporkan, maka proses penanganan baik evakuasi atau pertolongan kepada korban pun cepat dilakukan, mengurus kendaraannya ataupun mengamankan lokasi agar tidak macet. Menurutnya, masih banyak warga yang ketika terjadi lakalantas tidak melaporkannya ke kepolisian, dengan alasan akan berdamai. Namun ketika perdamaian urung terjadi, barulah kejadian itu dilaporkan dan biasanya sudah berselang beberapa hari.

Katanya, hal ini akan menyulitkan petugas untuk melakukan tugas dalam hal penanganan kejadian. Biasanya antara korban dan pelaku sudah tidak ada titik temu lagi dan pihaknya pun kesulitan dalam menangani kasus seperti ini karena dibutuhkan pengumpulan saksi dan barang bukti dan pelaku tidak akan mengakui perbuatannya.

Kasat juga mengingatkan kepada pengguna sepedamotor untuk taat berlalu-lintas, menggunakan helm standar SNI, menyalakan lampu utama pada siang dan malam hari, menggunakan kaca spion, tidak ugal-ugalan, tidak memodifikasi sepedamotor yang mengganggu pengendara lain dan terutama mematuhi rambu-rambu lalu-lintas di jalanan. Dirinya juga mengajak pengendara yang lain, baik pengendara roda dua, tiga, atau pun empat untuk bersama-sama menjaga ketertiban berlalu-lintas di Kota Psp dengan mematuhi aturan. (phn/ara)

Baca Juga :  Terdakwa Kasus TPAPD Tapsel Kembalikan Uang Negara Rp 1,5 M Lebih

Sumber: metrosiantar.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*