Jika Google Ngotot Tak Bayar Pajak di Indonesia, Maka Akan Di Blokir ?

jika Google Ngotot Tak Bayar Pajak
google indonesia
Google Indonesia (Img:google)

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengaku belum mengambil alih opsi pemblokiran laman Google jika perusahaan teknologi itu senantiasa mangkir dari kewajibannya membayar pajak.

Kebijakan tersebut diambil alih pria yang kerap disapa Chief RA, mengingat pemerintah juga harus perhitungkan keperluan masyarakat yang telah banyak memakai aplikasi Google.

“Blokir itu cara paling akhir dikarenakan kita tidak mampu cuma main blokir tetapi juga harus perhitungkan keperluan masyarakat secara umum. Kembali, ini seluruhnya tidak mampu ditetapkan oleh saya sendiri dikarenakan ini akan ditetapkan berbarengan dengan stakeholders,” tutur Rudiantara, Kamis (22/12).

Mantan Direktur Keuangan PT PLN (Persero) mengingatkan, fitur yang di tawarkan Google bukan cuma sekadar mesin pencari tetapi juga berbagai aplikasi turunan seperti fasilitas surat elektronik dan fasilitas lainnya yang banyak digunakan masyarakat.

Untuk itu, Rudiantara menyerahkan kewenangan penagihan pajak perusahaan Amerika Serikat (AS) itu seluruhnya kepada Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu).

“Saya menopang apa-pun ketentuan otoritas fiskal dari DJP, dikarenakan kan Kemenkeu dan Kementerian Komunikasi dan Informatika sama-sama pemerintah,” ujarnya.

Pihaknya, lanjut Rudiantara, tidak mampu turut campur di dalam sistem negosiasi berapa jumlah pajak terutang yang harus dilunasi Google. Namun demikian, Kemenkominfo akan tetap mengajak Google untuk menyelesaikan kasus pajak ini.

Ke depan, lanjut Rudiantara, pemerintah akan memakai pembelajaran dari penyelesaian kasus pajak Google dari beberapa negara sebagai rujukan di dalam menyusun kebijakan perlakuan pada over the top (OTT).

Baca Juga :  Rusuh di Batam, 27 Pengunjuk Rasa Diamankan

“Prinsipnya, di mana-mana, orang yang berbisnis itu subject to tax. Orang harus bayar pajak, bahkan jika untung,” ujarnya. (gen)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 3 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*