Jokowi: Dubes Jerman Kaget Lihat Mesin Esemka

Spesifikasi Kiat Esemka | image by Vivanews Mobil Kiat Esemka merupakan mobil buatan lokal yang banyak diminati masyarakat, Persentase bahan yang digunakan adalah 80% lokal dan 20% import. Spesifikasi mesin mobil Kiat Esemka adalah Mesin 1.500 cc DOHC, Multi Point Injection, 105 horsepower pada putaran 5.500 RPM, Torsi Maksimum hingga 145 Nm pada 4.100 RPM.

KOMPAS.com — Wali Kota Solo Joko Widodo mengungkapkan, Duta Besar Jerman Norbert Baas menyatakan kekagumannya ketika melihat mobil nasional Esemka buatan sekolah menengah kejuruan di Solo ini. Menurut Jokowi, begitu ia kerap disebut, Dubes Jerman salah satunya kagum dengan mesin mobil.

“(Dia sebutkan) untuk mobil yang baru 2-5 tahun (dibuat), sangat bagus sekali,” ujar Jokowi kepada Kompas.com di sela-sela acara Pesta Wirausaha Tangan di Atas 2012, Jakarta, Minggu (29/1/2012).

Menurut dia, dalam kunjungan pada Sabtu kemarin, Nobert kagum ketika melihat mesin yang sudah dibuat sendiri. Apalagi dibuatnya oleh siswa SMK. “Dia kaget melihat mesin sudah dikerjakan sendiri, beliau juga melihat jok yang sudah kita buat sendiri dan dibuat oleh anak SMK,” ungkap dia.

Akan tetapi, tentu masih ada sejumlah kekurangan, salah satunya di bagian sasis, yang harus terus dikembangkan ke depannya. “Ya, sambil berjalan pasti ada masalah, tetapi masalah harus diatasi,” tuturnya.

Untuk diketahui saja, kedatangan Nobert merupakan undangan dari Jokowi. Ia mengundang Nobert untuk melihat pembuatan mobil Esemka dari dekat di Solo Techno Park (STP), Solo, Jawa Tengah. STP telah bekerja sama dengan Lembaga GIZ dari Jerman.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Hacker China Curi Dokumen Rahasia Korsel

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*