Jokowi-JK Menang di Sumatera Utara

JAKARTA – Klaim Tim Koalisi Merah Putih meraup 63 persen suara Pilpres 2014 di Sumut, tidak terbukti. Berdasarkan rekapitulasi suara yang sudah diplenokan KPU kota/kabupaten se-Sumut, justru pasangan Capres-Cawapres Jokowi-Jusuf Kalla yang menang di Sumut.

Dari rekapitulasi 33 KPU kota/kabupaten se-Sumut, Jokowi-JK mendapat 3.494.310 atau 55,22 persen. Sedangkan Prabowo mendapat 2.833.512 suara atau 44,77 persen. Selisih suara Jokowi-JK dengan Prabowo-Hatta di Sumut 660.798 suara.

Jokowi-JK menang di 20 kota/kabupaten seperti yang diprediksi tim pemenangan Sumut dalam konferensi pers Selasa (15/7/2014).

Jokowi-JK menang di Batubara, Asahan, Simalungun, Pematangsiantar, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Samosir, Tobasamosir, Tapanuli Utara, Sibolga, Tapanuli Tengah, Nias, Nias Selatan, Nias Utara, Nias Barat, dan Gunungsitoli.

Sebelumnya tim Jokowi-JK klaim mendapat 3.453.007 suara (55,09 persen) dan Prabowo-Hatta 2.814.191 suara (44,90 persen).

Sedangkan Prabowo-Hatta menang di Medan, Binjai, Langkat, Deliserdang, Sergai, Tebingtinggi, Labuhanbatu, Tanjungbalai, Tapsel, Madina, Sidimpuan, Palas, dan Paluta.

Namun Jokowi-JK hanya kalah tipis di Medan, Deliserdang, Langkat, Sergai, Labuhanbatu.

Ketua Harian Koalisi Merah Putih Sumut Ajib Shah menyatakan pihaknya tetap bersabar menunggu penetapan KPU Sumut.

“Apapun keputusan KPU Sumut, kami akan menerima. Kalau menang, kami siap. Kalau kalah, tidak mengapa. Koalisi Merah Putih Sumut dan relawan sudah berjuang,” katanya saat dikonfirmasi Rabu malam.

Baca Juga :  Kejagung Ambil Alih Kasus Korupsi Rp 2 T di Pemrpov Sumut

Ajib mengatakan, Koalisi Merah Putih Sumut masih kompak dan berharap perolehan suara dari Sumut dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perolehan suara Prabowo-Hatta secara nasional.
“Kami menunggu keputusan KPU Sumut sekaligus berusaha menjaga suara. Kami berharap Sumut memberikan kontribusi suara yang signifikan untuk Prabowo-Hatta.”

Sebelumnya, Ketua Tim Koalisi Merah Putih Sumut, Gatot Pujo Nugroho melapor ke Capres Prabowo, raihan suara pasangan capres nomor urut satu ini di Sumut mencapai 63 persen.
Senada Sekretaris Tim Koalisi Merah Putih Sumut Gus Irawan Pasaribu juga mengklaim Prabowo-Hatta mendapat 63 persen di Sumut saat diwawancarai TV One.

Ketua Tim Kampanye Joko Widodo-Jusuf Kalla Sumut Budiman Nadapdap mengatakan, setelah rapat pleno rekapitulasi di tingkat kota/kabupaten selesai, pihaknya sudah bisa sedikit lega.

“Yang rawan itu kan di tingkat PPS dan PPK. Kalau sudah ditetapkan di tingkat kabupaten/kota hampir sudah tidak ada lagi yang dikhawatirkan,” katanya.

Menurut Budiman, kemenangan Jokowi-Jusuf Kalla di Sumut menjadi manis karena tim kampanye pusat sempat khawatir melihat kekuatan kubu capres-cawapres lebih kuat karena memiliki ketua umum Gatot Pujo Nugroho yang merupakan Gubernur Sumatera Utara dan didukung partai-partai yang meraup suara besar saat Pemilu Legislatif lalu./TRIBUNNEWS.COM

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Pesan Dari Zaman Batu yang Masih Menjadi Misteri

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*