Jokowi-JK Raih 53,37 Persen di Asahan

Kisaran,  Pasangan Calon Presiden (Capres) No 2 Jokowi- Jusuf Kalla unggul di Kabupaten Asahan dengan perolehan 177.331 suara atau 53,37 persen. Sedang No 1 Prabowo Subianto – Hatta Rajasa memperoleh 154.937 suara atau 46,63 persen.

Hal itu terungkap berdasarkan hasil Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara Pilpres oleh KPUD Asahan di Aula Hotel Marina, Kisaran, Rabu (16/7).

Jumlah kehadiran mencapai 67.60 persen, atau 333.725 orang yang ikut memilih, dari jumlah DPT keseluruhan 493.697 orang dan yang tidak hadir sebanyak 159.972 atau 32,40 persen. Begitu pula untuk suara sah sebanyak 332.268 suara, sedang yang tidak sah sebanyak 1.457 suara.

Rapat yang dihadiri saksi dari dua pasangan Capres, para penyelenggara Pemilu tingkat kecamatan dan juga pengawas berjalan dengan lancar, meskipun ada kritikan dari masing saksi Capres, seperti salah jumlah, dan pemilih yang menggunakan KTP tidak terdaftar di Formulir C1, namun bisa diselesaikan dengan baik.

“Alhamdulillah Rapat Pleno Terbuka ini selesai dengan baik. Capres No 1 Prabowo-Hatta mendapat 154.937 suara atau 46,63 persen, sedang Capres No 2 Jokowi-JK meraih 177.331 suara atau 53,37 persen,” jelas Ketua KPUD Asahan Darwis Sianipar saat menutup rapat Pleno.

Darwis mengakui, tidak bisa dipungkiri, masih ada ditemukan kesalahan dalam mengisi data dan menjumlah yang dilakukan anggota KPPS. Hal itu bukan kesalahan yang disengaja, namun itu human eror. “Meskipun demikian, KPUD Asahan akan berusaha dengan baik, dan transparan dalam menampilkan data,” jelas Darwis.

Baca Juga :  Kajatisu Mundur Jika Rahudman Bebas

Sedang saksi Capres Prabowo-Hatta, Ahmad Kosim Marpaung menerima hasil rapat Pleno KPUD Asahan, sama halnya dengan kesalahan yang bersifat mengisi formulir oleh anggota KPPS.

Namun yang berkaitan dengan kualitas sebaiknya diperlukan evaluasi untuk menjadi lebih baik. “Kita bisa terima dan memaklumi kesalahan yang wajar. Namun yang berkaitan dengan kualitas, perlu ada evaluasi,” jelas Kosim.

Ketua Tim Pemenangan pasangan capres dan cawapres Jokowi-JK untuk Kabupaten Asahan, Handi Afran ketika dikonfirmasi mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Asahan yang telah memberikan kepercayaan kepada Jokowidodo dan Jusuf Kalla untuk memimpin negeri.

“Kami yakin, berdasarkan real count yang dilakukan pihaknya pasangan No 2 akan tampil sebagai pemenang,” ungkapnya.

Pihaknya siap menunggu hasil perhitungan di tingkat provinsi dan juga nasional hingga ditetapkan nanti pada 22 Juli 2014 mendatang.(aln)/(Analisa).

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*