Kabut Asap di Tapsel Semakin Pekat, Warga Salat Minta Hujan

SIDIMPUAN – Sejumlah warga menggelar Salat Istisqa (salat Sunah yang dilakukan untuk meminta diturunkannya hujan) di Masjid Pesantren Huta Holbung, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Minggu (9/3) sore.

Salat yang dilakukan berjamaah tersebut dilakukan mengingat kabut asap yang semakin hari semakin pekat di wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), khususnya Tapsel dan Kota Padangsidimpuan.

Pengasuh Pondok Pesantren Huta Holbung Syekh Tuan Naborkat melalui Al Ustad Ganti Tua Siregar, kepada METRO, Senin (10/3), menjelaskan, saat ini kabut asap sudah sangat mengganggu aktivitas warga. Jarak pandang hanya mencapai sekitar 30 meter. Atas keadaan itu, Pondok Pesantren mengadakan salat Istisqa agar diturunkan hujan.

“Salat Istisqa diadakan Minggu (9/3) sehabis Ashar di Masjid Pondok Pesantren Huta Holbung yang dipimpin langsung pengasuh Pondok Syekh Tuan Naborkat. Salat dilakukan berjamaah dengan para santri dan warga sekitar. Alhamdulillah, malamnya hujan turun dengan deras meski hanya sekitar setengah jam. Dan, paling tidak bisa mengurangi kabut asap,” ucapnya.

Ia menyayangkan Salat Istisqa tidak dilakukan di Psp. Padahal, Kota Psp hingga saat ini, masih terus diselimuti kabut asap yang diketahui berasal dari kebakaran hutan di seputaran wilyah Tapsel dan juga Riau.

“Sudah seharusnya juga hal seperti itu dilakukan di Kota Psp, agar kita bisa terhindar dari kabut asap. Semoga saja dengan dilakukannya Salat Istisqa, hujan turun, insya Allah,” harap pria yang juga dikenal sebagai ahli terapi tersebut. (yza) (Metrosiantar.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Bajing Loncat Beraksi di Aek Latong

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*