Kabut Asap Ganggu Kesehatan Warga Madina

Panyabungan. Diduga akibat kabut asap, penyakit ISPA (infeksi saluran pernapasan–red) mengganggu kesehatan warga Madina. Bahkan, jumlah penyakit ISPA semakin bertambah.
Seperti di 2 kecamatan yang ada di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) seperti di Puskesmas Kotanopan Kecamatan Kotanopan jumlah pasien kasus ISPA yang berobat ke Puskesmas itu sebanyak 458 orang. Begitu juga Puskesmas Gunung Baringin Kecamatan Panyabungan Timur tercatat 47 orang.

Faktor penyebab penyakit ISPA yang melanda penduduk itu ditengarai akibat dampak kabut asap dan non asap.

Data yang berhasil dihimpun di Puskesmas Kotanopan dan Gunung Baringin, Sabtu (10/10), Kasus ISPA (infeksi saluran pernafasan akut) ini dari usia bayi hingga umur 70 tahun.

Jumlah pengidap ISPA itu naik tipis dari bulan Agustus 2015. Puskesmas Kotanopan dijangkau sebanyak 34 desa dan 2 kelurahan. Jumlah penduduk sekitar 26.806 berdasar data Badan Pusat Statistik Madina 2013.

Kepala Puskesmas Kotanopan, Wuryandari menjawab wartawan menyebutkan, dari jumlah 458 pasien pengidap ISPA itu paling banyak adalah usia 5 hingga 9 tahun sebanyak 77 orang, disusul usia 20 hingga 44 tahun yang berjumlah 74 orang. Dari sisi gender, persentase jumlah perempuan dan laki-laki hanya beda tipis di segala tingkatan usia.


MEDANBISNIS-(zamharir rangkuti)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Akurasi Tembakan Berbatov 9 per 10

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*