Kader IMM Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Belasan kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Cabang Padang Panjang ikuti pelatihan jurnalistik. Kegiatan yang terselenggara berkat kerjasama dengan Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Cabang Kota Padang Panjang itu, dimaksudkan untuk memotivasi mahasiswa dalam bidang kejurnalistikan.

“Ini adalah sebuah terobosan yang dilakukan angkatan muda Muhammadiyah. Selama ini, banyak kegiatan di lingkungan Muhammadiyah tidak terekspos media, karena tidak ada yang bisa menulis beritanya, atau tidak tahu bagaimana cara berurusan dengan media,” ujar Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Padang Panjang & Batipuh X Koto, Drs. H. Zamri Muis, Rabu (23/2), saat membuka Pelatihan Jurnalistik IMM, di Komplek Muhammadiyah Kauman, Padang Panjang.

Zamri mengaku salut kepada IMM, karena sudah mampu melakukan kegiatan yang cukup bermakna, kendati baru sepekan dilantik oleh DPD IMM Sumbar. Kemampuan IMM melakukan kerjasama dengan beragam berbagai lembaga, sebutnya, menjadi pertanda, kepemimpinan IMM Cabang Padang Panjang pada periode ini memiliki peluang untuk bisa sukses di masa mendatang.

Ketua Umum Pimpinan Cabang IMM Kota Padang Panjang, Al-Amin, pada kesempatan itu mengatakan, organisasi yang dipimpinnya pada periode ini memerlukan dukungan berbagai pihak, sehingga kondisinya bisa dikenal berbagai pihak, tidak hanya diketahui di Kauman saja.

“Pelatihan yang didukung PPWI, PDM, Pemuda Muhammadiyah dan Forum Komunikasi Alumni IMM ini dimaksudkan untuk melatih keterampilan menulis anggota IMM. Oleh karena itu, kita jadikan ‘Mewujudkan Imajinasi Ilmu Menjadi Sebuah Karya’ sebagai tema sentral,” kata Amin.

Baca Juga :  Festival Kopi dan Pesta Rakyat Kab Tapsel Akan Di Gelar Awal Agustus 2015

Ketua Bidang Seni Budaya dan Olahraga IMM Kota Padang Panjang, Hendri, mengakui, minat anggota IMM untuk masuk ke dunia pewarta warga cukup besar. Ke depan, katanya, pihaknya akan terus berupaya mengembangkan minat ini sebaik-baiknya, sesuai dengan program kerja yang telah ditetapkan.

Pelatihan kali ini diikuti Henri Eka Syahputra, Al-Amin, Ariyanto Andafis, Slamet Febriyansyah, Safriyon, Andriansyah, Suardi, Fifi Fatmawati, Zarnila, Syahrizal, Widya, Merri Amelia, Putri, Dhila, Zhizi dan Abril.

Pewarta warga

Ketua Umum PPWI Cabang Padang Panjang, Musriadi Musanif, S.Th.I, menegaskan, sebagai sebuah lembaga profesi kewartawanan yang juga membangun basis kuat di tengah-tengah masyarakat melalui pewarta warga (citizen reporter), pihaknya terus berupaya memperkuat masyarakat, sehingga mampu memberitakan apa saja yang di lingkungan mereka sebagai sebuah produk informasi.

Untuk mewujudkan tekad itu, menurut dia, PPWI secara terprogram menyelenggarakan pelatihan jurnalistik untuk warga, termasuk yang dikerjasamakan dengan IMM. Dalam dua bulan belakangan, sebutnya, PPWI telah menggelar serangkaian pelatihan di Sumbar dengan sasaran kelompok pelajar, mahasiswa, pemuda dan guru.

Di samping melatih warga untuk menjadi reporter bagi diri dan lingkungannya, sebut Musriadi, PPWI juga menyediakan pembicara ahli (expert speaker) untuk pembinaan kepenulisan dan kejurnalistikan pada Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia, dan aparatur pemerintah yang berurusan dengan publik.(MUSRIADI MUSANIF, Harian Umum Singgalang)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Quick Count LSI-SCTV: Jokowi 53,89%, Foke 46,11%

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*