Kantor Sorikmas Maining Dibakar Warga

Liputan6.com, Mandailing: Warga Kecamatan Naga Juang, Mandailing Natal, Sumatra Utara, Sabtu (7/7) menduduki lokasi tambang emas Sorikmas Maining. Dari pantauan udara terlihat kobaran api yang menghanguskan aset prusahaan Sorikmas Maining yang dibakar warga Naga Juang dan Tano Tiris, kemarin petang.

Warga membakar kantor operasioal perusahaan tambang emas ini karena menolak keberadaan tambang tersebut. Dalam pembakaran kantor operasional perusahaan tambang yang dikelola perusahaan dari Australia ini sempat terjadi bentrokan antara polisi dengan warga. Satu orang warga Naga Juang tertembak dan kini dirawat di Rumah Sakit Umum Panyabungan.

Saat berusaha mengevakuasi karyawan perusahaan, polisi dilempari warga dan mengakibatkan sejumlah polisi terluka dan mobil polisi mengalami kerusakan.

Kendati situasi di lokasi saat ini sudah aman, polisi masih berjaga-jaga mengantisipasi adanya aksi warga karena sejumlah warga dibawa ke Makas Kepolisian Resor Mandailing Natal. Untuk mencapai lokasi penambangan yang berada di atas perbukitan, harus ditempuh dengan berjalan kaki sekitar delapan jam.(ADO)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

  1. Patut diperjelas, massa yg membakar berasal dari kelomplk mana? Massa petani yg kuatir ekosistem pertanian rakyat di desa rusak dicemari limbah industri kimia beracun tambang mas atau kalangan preman kampung yg minta kapling bisnis dan kompensasi ataukah kelompok penambang liar tersaingi yg lagi menjamur di Madina? Masing-masing punya obsesi, motif dan target berbeda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*