Kapolres Madina Ajak Masyarakat Berteman dengan Polri

Panyabungan, Kapolres Mandailing Natal (Madina) AKBP Hirbak Wahyu Setiawan SIK mengajak semua pihak untuk membantu Polri menciptakan situasi kondusif di masyarakat.

Hal ini disampaikan Kapolres Madina kepada Analisa, Kamis (20/5), di Panyabungan, sehubungan baru kunjungan kerja ke setiap Polsek di Pantai Barat Madina. Dalam kesempatan itu sejumlah tokoh masyarakat diajak berkumpul untuk mewujudkan polisi berkawan dengan masyarakat dalam menciptakan kamtibmas menjelang pemilukada.

Kunjungan kerja dimulai dari Polsek Batang Natal, Lingga Bayu, Batahan, Natal dan Muara Batang Gadis untuk melihat kondisi ril pelayanan polisi terhadap masyarakat serta sikap masyarakat memandang polisi. Sebab polisi adalah pelayan masyarakat yang tidak perlu ditakuti. Karena polisi itu berasal dari masyarakat juga,” sebutnya Hirbak didampingi Kasat Serse AKP Sahruman Siregar.

Menurutnya, setiap pelangaran hukum tidak saja dilarang dalam hukum, adat juga agama. “Semua akan menjadi lawan kita jika melanggar hukum melainkan, aturan pemerintah, aturan adat serta aturan agama sehingga polisi yang dilahirkan masyarakat dalam membantu keamanan di masyarakat itu juga sahabat masyarakat yang tidak perlu ditakutkan,” katanya.

Fungsi kepolisian merupakan salah satu fungsi pemerintahan negara di bidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Kepolisian bertujuan mewujudkan keamanan dalam negeri yang meliputi terpeliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat, tertib dan tegaknya hukum, terselenggaranya perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat serta terbinanya ketenteraman masyarakat dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia.

Baca Juga :  Kemiskinan masalah utama Pemkab Madina

Polisi dalam menjalankan tugasnya tersebut kepolisian berwenang untuk menerima laporan atau pengaduan dalam membantu menyelesaikan perselisihan warga masyarakat yang dapat mengganggu ketertiban umum serta mencegah dan menanggulangi tumbuhnya penyakit masyarakat dan mengawasi aliran yang dapat menimbulkan perpecahan atau mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.(man)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*