Kapolres TAPSEL: Tak main-main terhadap kasus “illegal logging”

WASPADA ONLINE

SIBUHUAN – Kapolres Tapanuli Selatan, AKBP Subandriya, tidak main-main terhadap kasus illegal logging, baik yang melibatkan oknum masyarakat taupun oknum aparat.

“Polres Tapsel tidak akan main-main dalam penanganan kasus illegal logging di daerah ini, yang berada dalam wilayah hukum Polres Tapsel, sekalipun yang melibatkan oknum aparat kepolisian,” katanya, tadi malam.

Ditanya penanganan kasus penebangan liar yang berkedok pembukaan perkebunan di desa Ulu Aer, kecamatan Sosopan, menyusul hasil temuan pemkab dan DPRD Padanglawas beberapa bulan lalu, Kapolres mengaku belum mendapat laporan dari bawahannya sampai dimana penangannya.

Sebelumnya Ansor Harahap, ketua Gerakan Mahasiswa Padanglawas (Gema Palas) meminta Polres Tapsel agar benar-benar terbuka dalam penanganan kasus illegal logging di Padanglawas, agar tidak melahirkan rasa curiga kepada Polres Tapsel. Hal itu mengingat seringnya kasus-kasus yang ditangani pihak penegak hukum berhenti dan kandas di tengah jalan.

Seperti penebangan liar berkedok pembukaan kebun untuk masyarakat di desa Ulu Aer, Kecamatan Sosopan hanyalah salah satu contoh yang menggambarkan tentang kondisi potensi illegal logging di Padanglawas.

Karena, menurut informasi yang diperoleh, hingga sekarang diduga masih terus terjadi aktifitas yang sama di beberapa titik di seluruh daerah Padanglawas.

Di Sosopan, diduga masih masih banyak titik-titik yang belum diketahui atau disikapi Polres Tapsel, dugaan seperti di Desa Hulim, Huta Baru Siundol dan Pagaranbira.

Baca Juga :  Harga Salak Sidimpuan Melonjak

Berdasarkan keterangan warga yang disampaikan kepada Gema Padanglawas, kayu-kayu hasil penebangan diolah dan diangkut dari desa-desa itu. Dan pengangkutan kayu dilakukan pada malam hari dan sangat terkesan disengaja agar terhindar dari pantauan publik, katanya.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*