Kapolri Dapat Tunjuk Langsung Calon Penggantinya?

Mabes Polri mengirimkan draf Perpres kepada Presiden terkait prosedur penjaringan calon Kapolri. Salah satu klausulnya, Kapolri dapat menunjuk langsung nama-nama calon yang nanti akan menggantikannya.

Disebutkan dalam Pasal 5 ayat 1 draf Perpres tersebut, Kapolri dapat menetapkan nama-nama calon Kapolri. Kemudian dijelaskan dalam ayat 2, calon-calon yang memenuhi persyaratan diajukan Kapolri kepada Presiden disertai alasan-alasan dan ditembusakan ke Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

“Yang diajukan itu konsep Perpres. Kita perlu penyesuaian dulu dengan peraturan sekarang. Tapi materi secara umum nggak ada yang berubah,” kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Edward Aritonang di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (17/6/2010).

Sejak Kompolnas terbentuk, calon Kapolri selalu diajukan oleh Kompolnas kepada Presiden. Namun apabila Perpres ini disetujui maka proses penjaringan calon Kapolri ditengarai bisa menelikung tugas Kompolnas.

Dengan Perpres ini maka Kompolnas tidak sama sekali berwenang mengajukan nama-nama calon Kapolri. “Dulu juga tidak. Tolong jangan dijadikan polemik. Perpres itu Kompolnas memberikan pertimbangan terhadap Cakapolri yang diajukan kepada Presiden,” ujar Edward.

“Kompolnas itu membuat pertimbangan kepada Presiden. Sementara Perpresnya, konsep Cakapolri itu ditunjuk oleh Kapolri baru dilaporkan ke Presiden,” tambahnya.

Edward menjelaskan, dalam UU No 2 tahun 2002 tentang Polri, Kompolnas hanya ikut memberikan pertimbangan calon Kapolri kepada Presiden. Sementara Cakapolri diambil dari perwira Polri aktif jenderal bintang tiga.

Baca Juga :  Pengamat Australia Prediksi Jokowi atau Prabowo Jadi Presiden

“Jangan ditafsirkan Kompolnas ikut menunjuk. Karena UU-nya menyebut Cakapolri diambil dari perwira polri aktif bintang tiga. Yang tahu ini kan Polri,” imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, anggota Kompolnas Ronny Lihawa mengatakan, pihaknya sedang menjaring 3 nama cakapolri yang akan diajukan kepada Presiden. Penjaringan dilakukan mengingat Jenderal Bambang Hendarso Danuri resmi pensiun pada Oktober nanti.

Sumber: http://www.detiknews.com/read/2010/06/17/204155/1380773/10/kapolri-dapat-tunjuk-langsung-calon-penggantinya?881103605

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*