Kapolri Laporkan Pileg Aman Terkendali

BOGOR – Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan sejauh ini dia mendapatkan laporan bahwa pelaksanaan pemungutan suara untuk pemilu legislatif di seluruh Indonesia berlangsung lancar dan aman. Menurutnya, informasi itu didapatkannya dari Kapolri Jenderal Sutarman.

“Tadi dapat laporan Kapolri di seluruh tanah air pemungutan suara berlangsung aman tertib dan lancar. Tentu ini sesuatu yang patut kita syukuri,” ujar Ketua Umum Partai Demokrat itu saat menggelar jumpa pers usai menyoblos di TPS 06, Nagrak, Gunung Putri, Bogor, Rabu (9/4).

Presiden mengapresiasi kinerja para penyelenggara pemilu seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), KPUD, Bawaslu, Panwaslu dan segenap KPPS yang menjalankan pemungutan suara. Menurutnya, pileg kali ini berjalan aman seperti yang terjadi pada Pemilu tahun 2004 dan 2009.

“Kalau dibandingkan negara lain tidak mudah pemilu demokrasi yang seperti ini. Kita mesti bersyukur karena perjalanan demokrasi kita menuju ke arah yang benar,” sambung Presiden.

Presiden menyoblos di Dapil V Jawa Barat bersama Ibu Negara Ani Yudhoyono, putranya Edhie Baskoro Yudhoyono dan istri Aliyah Rajasa.

Di dapil ini terdapat sejumlah caleg yang sudah dikenal publik. Di antaranya Partai Demokrat, ada nama Max Sopacua, Igantius Mulyono, serta Roro Tri Poniningsih sebagai Caleg DPR RI. Sementara politisi partai lainnya, ada nama Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon, Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) MS Kaban, politisi PAN Primus Yustisio, serta mantan Ketua Aktivis Mahasiswa Forkot yang kini menjadi politisi PDIP Adian Yusak Napitupulu.

Baca Juga :  Kedatangan Obama Garda Nusa akan Amankan Obama

Untuk calon anggota DPD Provinsi Jawa Barat ada nama mantan Bupati Garut Aceng Fikri. Kepala daerah yang pernah diberhentikan oleh DPRD karena hanya menikah siri selama 4 hari dan menceraikan istrinya melalui SMS.

Terpisah, Kapolri Jenderal Sutarman menegaskan bahwa sejauh ini proses pemungutan suara pada pemilihan umum 2014 berjalan lancar. Menurutnya, berdasarkan laporan yang diterima di daerah-daerah tidak ada hal-hal yang mengganggu keamanan.

“Dari laporan teman-teman di daerah-daerah, sampai saat ini tidak ada laporan masalah dari aspek keamanan,” kata Sutarman kepada wartawan di Jakarta, Rabu (9/4).

Menurutnya pula, upaya yang dilakukan Polri selama masa kampanye, minggu tenang hingga pemungutan suara menemukan berbagai penyimpangan.

“Kita terus melakukan razia dan menemukan berbagai penyimpangan baik yang membawa uang dalam jumlah pecahan besar,  recehan dan berbagai penyimpangan lainnya,” ungkap Sutarman.

Ia pun berharap pemilih tidak terpengaruh dengan uang yang diberikan oleh orang-orang tertentu.(flo/boy/jpnn)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*