Kardinal Jorge Bergoglio Jadi Paus Baru

Kardinal Jorge Bergoglio berasal dari Argentina.

Kardinal Jorge Bergoglio

VATIKAN, Jaringnews.com – Puluhan ribu orang bersorak saat mereka menunggu di Lapangan Santo Petrus pada hari Rabu malam waktu setempat untuk identitas paus baru yang akan segera terungkap setelah ia terpilih dalam dua hari pemungutan suara.

Puluhan ribu orang yang berdiri di tengah hujan dan cuaca dingin untuk mengamati cerobong asap di atas Kapel Sistina melompat-lompat dalam penuh sukacita ketika asap putih mulai terlihat. Lonceng Basilika Santo Petrus dan gereja di Roma pun berdentang yang menandakan Paus telah dipilih. Asap putih yang mengepul dari cerobong asap di atap Kapel Sistine menandakan bahwa 115 kardinal di konklaf telah mencapai keputusan.

Paus yang baru diharapkan akan muncul di balkon Basilika Santo Petrus dalam waktu beberapa menit lagi setelah seorang pejabat gereja mengumumkan “Habemus Papam” di balkon Basilika yang berarti “Kita punya seorang Paus” dan memberikan nama Paus baru dalam bahasa Latin.

Meskipun hujan deras mengguyur Vatikan, Basilika St Petrus tetap menjadi lautan manusia.

Marching band yang berbaris di alun-alun pun tampak pindah ke Lapangan Santo Petrus menjelang penampilan pertama penerus Benediktus XVI.

Detik- detik penampilan paus yang baru begitu menegangkan. Jutaan umat Katolik menanti dengan cemas di Lapangan Santo Petrus.

Seorang kardinal tampil ke Balkon Basilika dan mengumumkan Kardinal Jorge Bergoglio berasal dari Argentina menjadi Paus yang baru.

Baca Juga :  Kisah Anwar Ibrahim dan Pers Malaysia

Kardinal Argentina Jorge Mario Bergoglio menjadi Paus pertama kalinya dari Amerika dalam sejarah Gereja. Ia mengambil nama Paus Francis I. Kardinal Jean-Louis Tauran mengumumkan dari balkon Basilika St Petrus bahwa Bergoglio (76) menjadi pengganti Paus Benediktus XV (JARINGNEWS)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*