Karena Krisis Penumpang – Wings Air Lhokseumawe-Medan terancam tutup

%name Karena Krisis Penumpang Wings Air Lhokseumawe Medan terancam tutupLHOKSEUMAWE – Maskapai penerbangan Wings Air melayani rute Lhokseumawe-Medan (pp) terancam tutup rute terbangnya gara-gara krisis penumpang.

Dari 72 seat yang tersedia, pernah yang terisi dalam satu penerbangan hanya enam seat. Padahal, Wings Air dengan armada ATR 72-500 buatan Prancis berkapasitas 72 tempat duduk (seat).

Semula pesawat ini direncanakan terbang tiap hari. Namun, karena penumpangnya minim, maka frekuensi terbangnya pun dikurangi. Hanya empat hari saja dalam seminggu. Pagi terbang ke Medan, sorenya kembali ke Lhokseumawe. Tapi ternyata Wing Air tetap saja kekurangan penumpang.

“Akhirnya, akan dilakukan pengurangan terbang. Dari empat kali menjadi hanya dua kali dalam seminggu,” kata Aiyub Natari, pengusaha biro travel di Lhokseumawe, malam ini.

Sementara itu, Area Manager Indonesia, Ari Azhari, mengatakan perusahaan Wings tanpa harus dilobi dan murni inisiatif Wings Air sendiri membuka rute Lhokseumawe-Medan.

Hal ini dimaksudkan untuk membantu masyarakat Lhokseumawe, Aceh Utara, Bireuen, Takengon, Bener Meriah, dan sekitarnya yang ingin bepergian lewat udara ke ibu kota Sumatera Utara itu.

Apalagi di Lhokseumawe jauh sebelumnya pemerintah setempat telah menganggarkan dana APBK untuk membuka jalur penerbangan. “Jadi, ini kami pikir sangat potensial. Tapi nyatanya, penyambutan warga di Lhokseumawe menurun jauh dibandingkan dengan daerah lain,” ujarnya.

Menurutnya, rute Lhokseumawe-Medan itu terancam tutup jika pemko setempat tidak mendukung. Disebutkan, dalam tahun ini Wings Air membuka empat rute penerbangan baru di Indonesia, yakni Nias, Meulaboh, Sibolga, dan Lhokseumawe.

Baca Juga :  Ini Penjelasan JK Terkait Bailout Bank Century

Ternyata, jalur Nias yang full penumpang, disusul Meulaboh dan Sibolga. Sedangkan Lhokseumawe yang merupakan daerah migas, ternyata minim penumpang.

Begitupun, menurutnya, Wings Air akan meneruskan operasionalnya di jalur Lhokseumawe-Medan. “Tapi kalau nanti ternyata tidak mendapat sambutan, tidak tertutup kemungkinan kami mundur diri,” ujarnya.

Walikota Lhokseumawe, Munir Usman, mengaku pihaknya amat mendukung kehadiran maskapai penerbangan ke Lhokseumawe. Siapa saja boleh. Apalagi mereka datang sendiri. “Namun, saya belum tahu bahwa mereka ada keluhan karena tak ada penumpang,” tukasnya.

Sumber: http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=114587:wings-air-lhokseumawe-medan-terancam-tutup&catid=13:aceh&Itemid=26

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*