Karena Pemborosan Uang Negara SMPN 2 dan 4 Gading Kec. Barumun Tengah Kab. Palas Digabung

Selasa, 16 Pebruari 2010 – www.metrosiantar.com

PALAS-METRO; Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Gading dan SMPN 4 Gading, di Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Padang Lawas (Palas), bakal digabung. Penggabungan sekolah yang letaknya berhadapan ini direalisasikan pada awal penerimaan siswa baru, tepatnya Juni mendatang.

“Alasannya, kedua sekolah tersebut terkesan menghabiskan uang negara dan pemborosan anggaran. Sebab, jumlah siswa kedua sekolah tersebut hanya 86 siswa,” ujar

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Kabupaten Palas, Ali Irpan Hasibuan SPd.

Ali Irpan menambahkan, kedua sekolah tersebut tidak efektif lagi, jika tetap dilanjutkan. Maka solusinya adalah dimerger, karena secara geografis dan jumlah penduduk, jarak tempuh dari titik di wilayah Poken Minggu, Padang Hasior, Gading ke lokasi SMPN tersebut cukup dekat, yakni, hanya sekitar 5 kilometer dari ke dua titik wilayah tersebut.

“Jumlah siswa kedua SMPN tersebut hanya 86 siswa dengan rincian SMPN 4 sebanyak 53 siswa dan SMPN 2 sebanyak 33 siswa, yang terdiri dari kelas I sampai kelas III, sehingga kurang efektif. Makan lebih baik digabungkan menjadi satu. Situasi tersebut dinilai sudah cukup untuk menampung siswa dari wilayah tersebut, yang saat ini sudah mekar menjadi dua kecamatan, yakni Kecamatan Sihapas Barumun dan Barumun Barat,” ujar Kadis kepada METRO.

Ditambahkan Kadis, saat ini yang menjadi rencana pihaknya, ke depan adalah membangun sekolah SMKN di kedua wilayah tersebut yang tergolong terpelosok di wilayah Kabupaten Palas.

Baca Juga :  Kalla: Nurdin Tak Ingin Maju

“Itu rencana kita, agar jangan ada lagi putra daerah yang menganggur di Palas, karena SMA Negeri sudah ada di Poken Minggu, sekarang prioritasnya adalah SMKN, agar putra daerah tidak perlu jauh lagi menuntut ilmu ke daerah lain, karena visi-misi Pemkab Palas adalah mewujudkan masyarakat yang cerdas,” pungkasnya. (amr)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*