Karena Tidak Penuhi Syarat Hukum PN. Pd. Sidimpuan Batalkan Surat Dakawaan Jaksa

Padangsidimpuan, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Padangsidimpuan yang terdiri Hakim Ketua Faisal,SH.,MH dan M. Shobirin,SH.,M.Hum serta Ferry Hardiansyah, SH.,MH selaku anggota, dalam perkara pidana No. 23/Pid.B/2015/PN.Psp tanggal 05 Maret 2015 telah membatalkan Surat Dakwaan JPU Kejari Padangsidimpuan atas diri Terdakwa Desi Ratna Sari Harahap warga Jalan Melati Gang. Sumatera Ujung Padang karena menurut hakim secara hukum apa yang didakwakan JPU terhadap Desi Ratna Sari Harahap tidak memenuhi syarat formil sebagaimana yang diatur dalam ketentuan Pasal 72 KUHP, dan akibatnya perkara tuduhan Pelapor Srides Romatua Tambunan terhadap Desi Ratna Sari Harahap tidak memenuhi syarat formal hukum yang diatur dan harus dibatalkan.” Terimakasih, ternyata keberatan kami terhadap surat dakwaan yang diajukan sdr. JPU terhadap klien kami Desi Ratna Sari dikabulkan Majelis hakim, karena secara hukum memang Dasar dakwaaan yang diajukan Jaksa itu tidak berdasarkan hukum sebagaimana yang diatur dalam Pasal 72 KUHP, dan sangat beralasanlah bila Majelis hakim secara hukum membatalkan Surat dakwaaan JPU dimaksud.” Demikian hal ini diterangkan pengacaranya Marwan Rangkuti,SH dikantornya Jl. Perintis Kemerdekaan No. 16 Padangsidimpuan, Kamis (5/3) pada wartawan.

Selain itu atas putusan itu, Heddy Raja,SH yang juga tim pengacara dari Kantor Hukum Marwan Rangkuti & Rekan menambahkan bahwa dengan adanya putusan sela ini membuktikan bahwa perkara Pelaporan Srides Romatua Tambunan terhadap Desi Ratna Sari tidak berdasarkan hukum sebagaimana yang ditentukan dalam Pasal 72 KUHP dan putusan ini merupakan kemenangan proses penegakan hukum bukan hanya kemenangan Terdakwa Desi Ratna Sari semata “Pengadilan Negeri Padangsidimpuan telah menegakkan hukum agar aparat hukum dalam memproses setiap perkara bersikap profesional atau tidak asal jadi dan ini bukan hanya merupakan kemenangan klien kami semata, karena putusan ini membuktikan proses perkara Pelaporan Srides Romatua Tambunan terhadap Desi Ratna Sari tidak memenuhi syarat formal yang diatur hukum apalagi diduga apa yang disampaikan Desi itu juga bisa jadi adalah benar bukan kebohongan, lantas dimana fitnahnya” ujar Hedddy Raja didampingi Desi Ratnasari.

Baca Juga :  12 Warga Aek Gambir Terserang Diare

Sebelumnya diketahui dari dakwaan JPU bahwa Desi Ratna Sari Harahap telah dilaporkan oleh Srides Romatua Tambunan ke Polres Padangsidimpuan dengan tuduhan bahwa Desi telah memfitnah dan mencemarkan nama baiknya dengan mengatakan bahwa Pelapor (Sri Des Romatua Tambunan) ada pacaran dengan suami orang yang istrinya masih hidup dan belum cerai (yang saat ini telah jadi suami Pelapor). Dan atas proses perkara itu akhirnya Desi Ratna Sari Harahap ditetapkan sebagai Tersangka dan juga telah pula didakwa JPU. Japet Matondang,SH namun akhirnya perkara itu dibatalkan oleh PN. Padangsidimpuan.

/MR

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*