Kasus Dugaan Korupsi DAK Padangsidimpuan TA 2009 – Kejari Masih Tunggu Dakwaan dari Kejatisu

Kejaksaan Negeri (Kejari) Padangsidimpuan (Psp) hingga saat ini masih menunggu dakwaan dari Kejaksaan Tinggi Sumut (Kejatisu) terkait kasus dugaan korupsi pelaksanaan DAK non reboisasi tahun 2009 yang diduga merugikan negara Rp2,3 miliar. Dalam kasus itu, Kejatisu menetapkan dua tersangka yakni Kadisdik Psp saat itu Drs Panongonan Muda Hasibuan dan Pj Kabid Sarana Pendidikan Maskur Hasibuan.

Demikian dikatakan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Psp Indrasyah Johan SH melalui Kasi Pidsus Yudha Utama Putra SH kepada wartawan, Selasa (13/7) di ruang kerjanya.

“Kejatisu sudah melimpahkan kasus ini ke Kejari Psp, Selasa (6/7) lalu. Kita masih menunggu dakwaan dari Kejatisu terkait kasus ini, karena sampai sekarang belum ada sampai ke Kejari Psp,” ucapnya.

Diutarakan Yudha, pihaknya berharap agar dakwaan dari Kejatisu tersebut bisa secepatnya selesai dan diserahkan ke Kejari Psp untuk kemudian kasus tersebut bisa segera dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Psp guna menjalani persidangan.

“Kita sangat berharap dakwaannya segera turun. Tapi kalaupun tidak juga selesai dakwaannya sampai batas penahanan kedua tersangka tanggal 25 Juli mendatang, kan masih bisa diperpanjang sampai 30 hari ke depan,” jelasnya.

Sebelumnya Kajatisu Sution Usman Adji, Jumat (9/7) lalu saat mengunjungi Kejari Psp dalam rangkaian Kunker Kajatisu ke Kejari se-Sumut mengatakan, pihaknya saat ini sedang menyiapkan dan menyusun dakwaan kepada kedua tersangka. Kejatisu akan memperjuangkan kasus dugaan korupsi dana alokasi khusus (DAK) non reboisasi Psp tahun 2009 yang sudah ditetapkan tersangkanya, untuk segera dilimpahkan ke PN Psp.

Baca Juga :  Kasus Rp13,8 M Rahudman Ditelusuri

“Kita sedang susun dakwaan untuk kasus DAK Psp, dan kita akan perjuangkan ini habis-habisan di PN Psp setelah kita limpahkan nanti ke persidangan,” ucapnya waktu itu.

Adapun berkas pelimpahan kasus dugaan korupsi pelaksanan DAK Psp tahun 2009 yang diterima oleh Kejari Psp dari Kejatisu dalam dua berkas terpisah. Yakni, atas nama tersangka Drs Panongonan Muda sebagai Kadisdik Psp dengan Nomor: BP-05/N.2.5 Fd.1/07/2010 yang telah melanggar pasal 2 ayat (1) pasal 3, pasal 12 huruf F Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi junto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Kemudian atas nama tersangka Maskur Hasibuan SSos sebagai Pj Kabid Sarana Pendidikan dan Perpustakaan Disdik Psp dan selaku ketua tim koordinasi DAK bidang pendidikan Kota Psp tahun 2009 dengan Nomor: BP-09/N.2.5 Fd.1/07/2010 yang telah melanggar pasal 2 ayat (1) pasal 3, pasal 12 huruf F UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi junto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Sumber: http://metrosiantar.com/METRO_TANJUNG_BALAI/Kasus_Dugaan_Korupsi_DAK_Psp_TA_2009

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  600 hektar lahan dipersiapkan untuk PLTA Simarboru (Sipirok, Marancar, Batangtoru) Tapsel

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*