Kasus Dugaan Korupsi di Psp Segera Dilaporkan ke KPK

Aliansi Mahasiswa Peduli Birokrasi Bersih (AMPBB) Kota Padangsidimpuan (Psp) rencananya akan mendatangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta, Senin (26/7). Kedatangan mereka untuk melaporkan sejumlah kasus dugaan korupsi di Pemko Psp.

“Kita sudah jauh-jauh datang ke Jakarta dari Psp untuk melaporkan beberapa kasus dugaan korupsi di Pemko Psp yang sampai sekarang belum juga ditangani aparat penegak hukum di daerah, makanya kita melaporkannya ke KPK. Ini sekaligus meminta KPK untuk mengambil alih penanganan kasus dugaan korupsi di Pemko Psp,” kata koordinator AMPBB Halomoan Harahap, Andi Lumalo Harahap, dan Hajrul Aswat Siregar kepada METRO, Minggu (25/7), melalui telepon selulernya dari Jakarta.

Diutarakan mereka, beberapa dugaan korupsi yang akan dilaporkan AMPBB ke KPK di antaranya dengan modus penggandaan anggaran, manipulasi data, proyek fisik yang diduga fiktif, dan juga penggelembungan anggaran senilai Rp27.084.668.339 pada Tahun Anggaran 2008, yang di antaranya di sekretariat daerah sebesar Rp15.044.425.194. Kemudian Dinas Pertamanan dan Pemadam Kebakaran Rp6.416.151.145, Dinas Pemuda dan Olahraga sebesar Rp4.439.752.000, dan Kantor Pengendalian Dampak Lingkungan hidup sebesar Rp1.184.340.000. Di mana mereka menduga dengan tingkat kebocoran anggaran dari keseluruhan sebesar Rp6.771.167.084.

Disebutkan mereka, pihaknya sudah berkonsultasi dengan beberapa institusi yang berkaitan dengan anggaran dan sudah melakukan pembedahan final terhadap anggaran yang dianggap bermasalah tersebut. Pihaknya juga mengatakan, institusi penegak hukum di Psp belum dapat dipercaya. Sebab sekian banyak pengaduan dugaan korupsi yang terjadi di Pemko Psp dinilai tidak membuahkan hasil atau terkesan pilih bulu.

Baca Juga :  Palas Berpotensi Pengembangan Agribisnis Peternakan

“Kami dan beberapa elemen baik dari kalangan LSM, mahasiswa juga masyarakat sudah berulang kali mendatangi pihak penegak hukum baik Kejari Psp dan Kejatisu untuk mendesak segera menangani kasus dugaan korupsi di Psp. Namun tetap saja hasilnya seperti itu juga. Oleh karena itulah kami berinisiatif melanjutkan perjuangan hingga ke Jakarta (KPK, red) guna penyelesaian kasus dugaan korupsi yang menyengsarakan rakyat Psp. Dan mungkin hanya KPK lah harapan satu-satunya,” tegas mereka.

Lebih lanjut diutarakan mereka, setelah membuat laporan ke KPK, pihaknya juga akan menggelar unjuk rasa ke Kejaksaan Agung (Kejagung) dan Bundaran Hotel Indonesia untuk meminta Kejagung mengevaluasi kinerja seluruh jajaran Kejari Psp dan juga Kejatisu. “Kami akan terus melakukan gerakan pressure di Jakarta jika tuntutan kami untuk mengungkap kasus dugaan korupsi di Pemko Psp serta menangkap para koruptor tidak ditanggapi,” tambah mereka.

Sebelumnya selama beberapa waktu ini, AMPBB selalu melakukan unjuk rasa baik di kantor wali kota, DPRD, dan juga Kejari Psp untuk mendesak pengungkapan kasus dugaan korupsi yang terjadi di Pemko Psp.

Sumber; http://metrosiantar.com/METRO_TANJUNG_BALAI/Kasus_Dugaan_Korupsi_di_Psp_Segera_Dilaporkan_ke_KPK

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 12 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*