Kasus PS Sidimpuan Segera Disidangkan

Kejaksaan Negeri (Kejari) Padangsidimpuan (Psp) saat ini masih sedang melakukan pemberkasan dan mendalami lebih jauh tentang kasus dugaan manipulasi dana dan data di Persatuan Sepakbola (PS) Sidimpuan.

Kasus ini dalam waktu dekat akan segera dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Psp untuk disidangkan. Kerugian negara terkait kasus tersebut diduga sebesar Rp3,2 miliar. “Kita masih melakukan pemberkasan dan pendalaman kasus ini,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Psp Indrasyah Johan SH melalui Kasi Pidsus Yudha Utama Putra SH kepada METRO, Rabu (4/8).

Diutarakan Yudha, tersangka kasus dugaan manipulasi dana dan data PS Sidimpuan sudah dipastikan masih dua orang. Hanya saja, dirinya masih belum juga bisa membeberkan siapa-siapa saja nama tersangka yang sudah ditetapkan. “Tersangkanya sudah pasti masih 2 orang. Cuma namanya nantilah kita beberkan,” ucapnya.

Ketika ditanya kapan kasus ini akan dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Psp untuk disidangkan, Yudha tidak merinci secara pasti. Hanya saja dia menegaskan dalam waktu dekat di bulan Ramadan ini akan dilimpahkan ke PN.

“Kasus ini rencananya akan kita limpahkan ke PN Psp untuk disidangkan di bulan Ramadan ini, tentunya dengan berkas yang sudah lengkap. Nanti waktu pelimpahan akan kita beritahukan, sekaligius mungkin kita akan sebutkan nama-nama tersangkanya. Itu saja dulu ya,” ujarnya.

Sebelumnya pada tanggal 15 Juli lalu, kasus PS Sidimpuan sudah ditingkatkan statusnya dari penyelidikan menjadi penyidikan dan sudah ditetapkan dua orang tersangkanya. Diperkirakan tersangka lainnya akan menyusul. Namun, Kejari Psp masih belum juga mempublikasikan siapa-siapa saja tersangkanya dengan alasan menghindari penghilangan barang bukti, tersangka melarikan diri, dan sebagainya.

Baca Juga :  Kuota Sertifikasi Guru Tabagsel 2.687 Orang

Kedua tersangka yang sudha ditetapkan Kejari adalah mantan pengurus teras dari PS Sidimpuan yang diduga merugikan negara sekitar Rp3,2 miliar. Namun untuk memastikannya masih menunggu audit dari BPK yang kemungkinan bisa diketahui saat kasus ini dilimpahkan ke PN Psp. Dua tersangka yang sudah ditetapkan belum ditahan, namun dalam waktu dekat akan segera dilakukan pemanggilan kepada tersangka.

Selain itu pihak Kejari juga mengatakan, dalam prosesnya nanti jika memang ada ditemukan bukti dan keterlibatan pengurus lainnya, maka tidak tertutup kemungkinan akan ada tersangka lainnya selain dua tersangka yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Sementara itu dalam kasus pelanggaran atau perbuatan yang melawan hukum dalam kasus PS Sidimpuan ini salah satu di antaranya adalah dugaan adanya kesalahan dalam kontrak pemain.

Selama beberapa waktu lalu Kejari Psp sudah memintai keterangan sejumlah saksi dari pengurus PSKPS yang kemudian namanya berubah pada tahun 2008 menjadi PS Sidimpuan, terkait dugaan manipulasi dana dan data tahun 2008 dan 2009 yang diduga merugikan negara sebesar Rp2,7 miliar. Rinciannya, tahun 2008 sebesar Rp2 miliar, tahun 2009 sebesar Rp740 juta, dan sekarang bertambah lagi sebesar Rp500 juta. Sehingga totalnya menjadi Rp3,2 miliar.

Sumber: http://metrosiantar.com/METRO_TANJUNG_BALAI/Kasus_PS_Sidimpuan_Segera_Disidangkan_

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  75 Santri Darul Mursyid Diusulkan Masuk 25 PTN

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*