Kata Dokter, Begini Lho Cara yang Benar untuk Sembuhkan Cegukan

Yogyakarta, Sekali terkena cegukan, ada banyak sekali cara yang dipakai orang untuk meredakannya. Saking banyaknya, mungkin kita bisa membuat daftar khusus cara meredakan cegukan. Bila tak sembuh dengan cara pertama, kita bisa menjajal cara kedua, ketiga, dan seterusnya sampai sembuh.

“Caranya agar sembuh dari cegukan adalah minum air yang banyak, kira-kira sepertiga gelas, kalau bisa yang hangat. Kalau itu tidak mempan, bisa dengan menelan satu sendok makan gula secara langsung,” saran Dr Unggul Budihusodo, Sp.PD, KGEH dari departemen penyakit dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ketika dihubungi detikHealth, Selasa (3/6/2014).

Akan tetapi Ketua Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia (PPHI) tersebut juga mengakui bila ada banyak cara yang dilakukan orang untuk meredakan cegukan. Namun kesemuanya itu bersifat individual.

“Tidak ada mekanisme yang bisa menjelaskan, misal dikagetin akan menyembuhkan cegukan. Kalaupun ada metode seperti minum air hangat atau menelan sesendok gula, sifatnya tidak untuk di-‘gebyak uyah’ ke pasien lain, atau digunakan untuk pasien lainnya,” tegasnya.

Dihubungi secara terpisah, dr Ahmad Yanuar, Sp.S dari FKUI mengungkapkan ada cara lain untuk menyembuhkan cegukan.
1. Minum air dingin
2. Makan makanan manis seperti permen atau madu
3. Tarik napas, terus tahan hingga 10 detik lalu hembuskan. Lakukan berulang-ulang sampai cegukannya berhenti
4. Bernapas dengan cepat dalam kantung tertutup dalam waktu yang pendek, kurang lebih selama tiga menit hingga dapat dipastikan cegukannya reda

Baca Juga :  Tak Perlu Sibuk Cari Merek Susu Berbakteri

“Namun biasanya ini akan hilang sendiri dalam waktu beberapa jam. Dilupain saja juga nanti sembuh sendiri,” imbuh Dr Unggul sembari tertawa. (detikhealth)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 7 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*