Kecamatan Barumun akan Dimekarkan

Bupati Padang Lawas (Palas), Basyrah Lubis SH berjanji akan memekarkan Kecamatan Barumun Tengah (Barteng) yang memiliki 60 desa dengan membentuk satu kecamatan baru di wilayah Sihapas, Kecamatan Barteng. Basyrah mengatakan, sesuai hasil kajian dari provinsi, yang bisa dimekarkan hanya 1 kecamatan dengan 22 desa, tidak seperti yang diinginkan masyarakat, yakni dua kecamatan. “Kalau permintaan masyarakat di bentuk 2 kecamatan, itu akan mustahil terjadi karena persoalan ketidaklayakan,” ucap Basyrah kepada METRO, Rabu (30/3).

Untuk merealisasikannya, Basyrah meminta agar masyarakat dan pemerintah duduk bersama dalam penyelesaian persoalan tersebut agar kecamatan baru bisa segera terbentuk. “Dalam melaksanakan itu (pemekaran), harus melalui peraturan yang berlaku. Tidak bisa semena-mena,” terang Bupati. Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Palas, H Ali Sutan Harahap SE juga mengatakan saat ini sudah diusulkan pembentukan kecamatan tersebut, akan tetapi masih dalam proses. “Itu (pemekaran) sudah kita usulkan. Tim juga sudah dibentuk. Namun masih dalam proses,” terangnya.

terpisah, tokoh masyarakat wilayah Sihapas, Mual Siregar menuturkan, pemerintah sudah saatnya memikirkan pemekaran di wilayah tersebut mengingat usulan pemekaran sudah menjadi cita-cita masyarakat sejak dulu. “Kita berharap pemerintah tahun ini serius untuk memekarkan wilayah Sihapas, apalagi saat ini jembatan sudah hampir rampung di wilayah Sidongding. Jalan-jalan pun sudah mulai diperbaiki pemerintah,” ucapnya. (amr/ara) (metrosiantar.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Sekda dan Bupati Segera Bahas Mutasi Jabatan lingkungan Pemkab Palas

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*