Kecepatan Hardisk Semakin Tinggi

Kebutuhan akan sistem komputer dengan kemampuan yang makin tinggi seolah berkejaran dengan perkembangan teknologi saat ini. Lihat saja, produsen cip memori komputer terus menciptakan produk yang memiliki kecepatan semakin tinggi. Bersamaan dengan itu, produsen wadah penyimpanan data atau hard disk drive (HDD) juga meningkatkan kapasitas dan kemampuan produknya.

Kini, HDD tak hanya muncul dengan kapasitas penyimpanan besar, tapi juga memiliki kecepatan membaca data lebih cepat. Tingkat kecepatan itu diukur dari putaran piringan HDD dalam satuan RPM (revolutions per minute). Semakin cepat putaran HDD, jumlah data yang dapat dibaca oleh membaca (head) dalam waktu tertentu semakin banyak.

Umumnya, kemampuan membaca data HDD saat ini 5.400 RPM dan 7.200 RPM. Tapi, kini produsen HDD sudah mulai merambah kecepatan 10.000 RPM, bahkan 15.000 RPM.
Salah satu produsen yang bermain di pasar ini adalah Western Digital (WD). Sejak tahun lalu, mereka mengeluarkan produk WD VelociRaptor 450 gigabyte (GB) dan 600 GB dengan kecepatan 10.000 RPM. HDD berbasis SATA ini khusus didesain untuk blade server, personal computer (PC) berkinerja tinggi, komputer Mac, workstation professional, dan rack server.

“Kecepatan 10.000 RPM merupakan yang pertama di industri sehingga WD VelociRaptor digemari di kalangan perusahaan serta gamers,” ajar Harianto Karim, Manajer Penjualan WD Indonesia. Kapasitas penyimpanan produk terbaru WD VelociRaptor ini juga dua kali lebih besar ketimbang generasi sebelumnya yang hanya sampai 300 GB.

Menurut Harianto, ditunjang dengan interface SATA 6 Gbps dengan kemampuan 32 GB buffer memory, HDD RPM tinggi ini membuat pergantian gambar bergerak pada game, multimedia, atau film terlihat halus, tidak patah. WD VelociRaptor bisa beroperasi 24 jam selama tujuh hari dalam seminggu, alias tanpa henti dan memiliki masa aktif hingga 1,4 juta jam.

Pangsa pasar masih kecil

Head perekam WD ValociRaptor tidak pernah menyentuh media disk. Jadi, risiko keausan pada head dan media perekam berkurang secara signifikan. HDD ini juga dilengkapi dengan perlindungan drive yang lebih baik saat transit. WD mengklaim produk ini juga ramah lingkungan karena didesain bebas halogen

WD VelociRaptor tersedia pula dalam kemasan IcePack mounting frame berukuran 2,5 inci dan 3,5 inci. Kemasan ini membuat HD tetap dingin meski dipasang di dalam komputer berkinerja tinggi. “Kami memastikan WD VelociRaptor dengan kemasan IcePack mounting tersedia di pasar pada kuartal ini,” ajar Harianto.

Kabarnya, saat ini, WD sedang mempersiapkan HDD dengan tingkat RPM mencapai 20.000.
Awal Februari lalu, Seagate juga sudah mengapalkan HDD terbaru dengan tingkat RPM sebesar 10.000. Namanya Savvio 1OK. HDD ukuran 2,5 inci, seukuran dengan WD VelociRaptor, ini bergerak dengan 6 Gpbs SAS interface. Kapasitas penyimpanannya mencapai 600 GB.

Tapi, sampai saat ini, pasar HDD untuk PC maupun server masih dikuasai produk dengan 5.400 RPM dan 7.200 RPM. Salah satu alasannya, harganya relatif terjangkau.

Sumber: http://tekno.kompas.com/read/2010/06/08/15310591/Kecepatan.Hardisk.Semakin.Tinggi

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*