Kejari Padangsidimpuan Terima Berkas Penganiaya Wartawan

Kejaksaan Negeri (Kejari) Padangsidimpuan telah menerima pelimpahan berkas oknum penganiaya wartawan Sudarajat alias Darajat dari Polres Tapanuli Selatan.

“Tadi pagi, berkas tersebut sudah kami terima. Ini masih merupakan pelimpahan tahap pertama, nantinya jaksa akan meneliti kelengkapan berkasnya sebelum dinyatakan lengkap (P21),” ujar salah seorang pegawai staf Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Padangsidimpuan kepada Analisa, Jumat (11/6).

Dikatakan, berkas yang diterima dari pihak Polres Tapsel tersebut baru berupa pelimpahan berkas untuk diteliti saja.

“Setelah kita terima, berkas diserahkan kepada Kepala Kejaksaan Negeri. Sekarang sudah mendapat disposisi. Sebentar lagi diserahkan untuk diteliti Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang akan menanganinya,” katanya.

Sementara sumber lain di Polres Tapsel mengatakan, terhadap tersangka Sud dikenakan pasal 170 KUH Pidana karena terang-terangan dan bersama-sama melakukan kekerasan terhadap orang.

Namun anehnya, hingga kini terhadap tersangka belum dikenakan penahanan. Terhadap perkara yang dilaporkan korban Sori Parlah Harahap itu, sudah diperiksa sejumlah saksi.

Untuk diketahui, salah seorang wartawan terbitan Medan Sori Parlah Harahap, dianiaya oleh seorang anggota DPRD Paluta, AH, dan saat bersamaan dipukul oleh seorang oknum preman, S alias D, yang mengaku anggota AH.

Kejadian itu berlangsung di tengah banyak masyarakat dan polisi. Karena aparat kepolisian tidak melakukan penangkapan terhadap kedua pelaku, maka korban membuat laporan pengaduan ke Polsek Padangbolak.

Baca Juga :  Aek Latong, Menjelang Kiamat Akan Kami Selesaikan

Kemudian berkasnya ditarik ditangani Polres Tapsel, namun kedua tersangka hingga kini belum dilakukan penahanan.

Berkas S alias D telah dilimpahkan Polisi ke kejaksaan untuk diteliti.

Sedangkan terhadap AH polisi masih menunggu izin persetujuan Gubernur Sumatera Utara untuk diperiksa.

Kejadian ini telah mendapat perhatian masyarakat luas dan berbagai aktivis pers, LSM, mahasiswa, praktisi, masyrakat biasa, dan bahkan anggota DPRD sendiri.

Sumber: http://www.analisadaily.com/index.php?option=com_content&view=article&id=58135:kejari-terima-berkas-penganiaya-wartawan-&catid=51:umum&Itemid=31

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*