Kekayaan Laut Madina Perlu Dikelola

PANYABUNGAN – Potensi kekayaan laut Kabupaten Mandailing Natal (Madina) perlu dikelola pemerintah setempat dengan baik guna menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) sekaligus peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

“Kita sangat prihatin, karena sumber daya laut Madina belum dikelola secara maksimal, padahal kalau potensi laut yang panjangnya mencapai 180 km lebih itu dikelola dengan baik, saya yakin akan memberikan kesejahteraan bagi rakyat,” kata Wakil Ketua FJ Maju, Lokot Husda, hari ini.

Dikatakannya, Madinah bisa menambah PAD dari potensi kelautan yang dinilai luar biasanya, tetapi Pemkab Madina dalam hal ini Dinas Perikanan dan Kelautan terlihat kurang tertarik untuk mengelolanya, karena selama ini mereka hanya terfokus kepada pengembangan lainnya.

Dari luas wilayah laut Madina, lanjutnya, belum ada yang dikelola ataupun dieksploitasi oleh Pemkab Madina maupun pihak pengusaha, sehingga tidak mengherankan kalau kekayaan laut itu sering dijarah oleh pihak luar bahkan nelayan daerah lain.

Menurutnya, Pemkab Madina harus memanfaatkan serta menjaga potensi laut itu. “Kalau sumber daya laut Madina benar-benar dikelola secara maksimal, bukan tidak mungkin daerah ini lebih maju dari daerah lainnya di bidang penghasilan laut,” ungkapnya.

wsapda.co.id

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  HEPENG 5,86 TRILIUN, TUA AHA MA BAENON MU I...?

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*