Kelapa Banggua dari Madina Diminati

Foto: Tunjukkan Kelapa Terlihat warga Desa Batanggadis Kecamatan Panyabungan Barat Mandailing Natal ketika menunjukkan kelapa Banggua yang siap untuk dikirim ke luar daerah. (medanbisnis/zamharir rangkuti)

Panyabungan. Selain penghasil Kakao (coklat) masyarakat Desa Batanggadis, Kecamatan Panyabungan Barat, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) juga penghasil Kelapa (Arambir – bahasa Mandailing) Banggua. Ribuan buah kelapa dengan ukuran lebih besar dari kelapa biasa dikirim hingga ke Bagan Batu Propinsi Riau, Tarutung dan daerah lainnya, setiap minggu.

Hal itu disampaikan Ali Tua warga Batanggadis pengumpul Kelapa Banggua kepada MedanBisnis, Senin (26/11) di Panyabungan Barat. Ali mengatakan, hampir setiap minggu mereka menjual 40.000 buah kelapa dengan pengiriman ke Bagan Batu, Tarutung dan daerah lainnya dengan harga mencapai Rp 1.800 per buah.

Seperti diberitakan sebelumnya, warga Batanggadis menanam Kakao di bawah pokok kelapa sebagai pohon pelindung. Sehingga dua komoditas tersebut sama – sama menghasilkan bagi warga.

Dikatakan, sebelum petani menanam Kakao, tanaman kelapa warga hanya dibiarkan begitu saja dan tidak terurus. Namun dalam dua tahun terakhir sejak warga menanam kakao, buah kelapa Banggua pun meningkat.

“Warga secara terus menerus merawat pohon Kakao dengan pengasapan, sehingga serangan berbagai hama selama ini kepada pohon kelapa menghindar dan otomatis kelapa bisa bertahan hingga panen,” jelasnya.

Muksin Siregar warga lain menambahkan, kelapa banggua ini memiliki ukuran dua kali lipat dari kelapa biasa. Kelapa Banggua ini hanya tumbuh di sepanjang daerah sungai Batanggadis dan sangat diminati masyarakat. (zamharir rangkuti)
Sumber: MedanBisnisDaily.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 7 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Pilkada Semata Mengejar Kuasa

2 Komentar

  1. Semoga kelapa Banggua ini bisa meningkatkan ekonomi dan kesejahtraan masyarakat Madina yang lebih baik dan makmur..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*