Kelulusan UN SMP Sumut Capai 99,99 Persen

Medan, Persentase nilai kelulusan Ujian Nasional (UN) SMP 2014 Sumut yang akan diumumkan serempak Sabtu (14/6) hari ini lebih baik dibandingkan tahun lalu. Nilai kelulusan UN SMP Sumut 2014 mencapai 99,99 persen, artinya terjadi peningkatan signifikan pada kelulusan UN SMP Sumut. Seperti diketahui, sebanyak 255.964 pelajar di Sumut mengikuti UN tahun ini.

Kepala Dinas Pendidikan Sumut Drs H Masri Msi dalam keterangan di ruang kerjanya Jalan Teuku Cik Ditiro Nomor 1-D Medan, Jumat (13/6) mengungkapkan, secara kuantitatif pada tahun lalu jumlah peserta UN SMP di Sumut sebanyak 762 orang, sedangkan tahun ini hanya 207 orang.

Jika dirata-ratakan, lanjutnya, terdapat peningkatan signifikan tingkat kelulusan peserta UN SMP tahun ini. Umumnya, peserta UN SMP yang tidak lulus tahun ini hanya dikarenakan tidak hadir pada saat UN kemarin. Namun intinya, tingkat kelulusan UN SMP di Sumut jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu.

Masri mencontohkan, jumlah peserta UN SMP yang tidak lulus di Kota Medan tahun ini hanya 29 orang, sedangkan yang tidak lulus di tahun sebelumnya 88 orang. Secara persentase tingkat kelulusan UN SMP Kota Medan 99,93 persen  dan persentase ketidaklulusannya 0,003 persen.

Dengan tingkat kelulusan 99,99 persen ini, Masri mengaku bangga atas prestasi siswa SMP di Sumut. Namun demikian, Disdik Sumut tetap melakukan evaluasi.

Baca Juga :  Menteri Kehutanan - Hutan Danau Toba Mengkhawatirkan

“Bagaimana pun, kita menginginkan hasil yang terbaik yakni lulus 100 persen. Untuk itu, kita tetap akan mengevaluasi. Kita akan tetap mengevaluasi kondisi pendidikan di daerah. Apakah ini benar siswa mampu meraih nilai tinggi lantaran gurunya sudah bersertifikasi sehingga mampu memberi pelajaran dengan baik kepada siswanya. Semuanya masih perlu penjelasan,” jelas Kadis.

Namun demikian, Masri menambahkan, pihaknya belum mengetahui posisi Sumut berada di tingkat berapa secara nasional.

Ketua Panitia UN Sumut 2014, Henri Siregar pada kesempatan itu menyampaikan rasa bangganya karena perolehan UN SMP meningkat dari sebelumnya.

“Sebagai bagian dari pemetaan pendidikan. Indikasi ini cukup menggembirakan dan kami akan terus mengevaluasi untuk peningkatan UN tahun berikutnya,” ungkap Siregar. (rmd)/(Analisa).

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*