Kemarau, Warga Serbu Sungai Batang Pane

Musim kemarau yang melanda wilayah Gunung Tua, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) sangat menyulitkan warga untuk memeroleh air. Untuk memenuhi kebutuhan air setiap harinya, warga pun menyerbu Sungai Batang Pane dan irigasi Batang Ilung.

Amatan METRO, sejumlah warga Gunung Tua dan sekitarnya mencari air untuk keperluan mandi, mencuci. Padahal di sungai tersebut terlihat kering dan banyak kotoran berserakan. Kalaupun di beberapa tempat terlihat ada air, warnanya sudah hijau dan bercampur lumut. Aktivitas warga di Sungai Batang Pane tersebut ramai dipenuhi warga. Mulai pagi hingga sore, ada saja orang yang mandi, cuci, dan Buang air. Meski demikian, warga tetap mengambil air untuk dibawa ke rumah.

Hendri Siregar, salah seorang warga mengaku semenjak musim kemarau beberapa pekan ini, air sumur di rumahnya kering. Sehingga dia bersama keluarga terpaksa rutin mandi di sungai. Bahkan untuk keperluan air minum dan memasak menggunakan air sungai tersebut.

Senada diungkapkan Ramadan Siregar, warga Desa Gunung Tua Jae. Katanya mereka juga memanfaatkan air sungai Batang Pane untuk keperluan MCK dan sebagainya. ”Kemarau pekan ini membuat kami sekeluarga terpaksa ke sungai Batang Pane untuk mandi, sebab air sumur kami habis. Sementara untuk keperluan minum, kami beli dari depot air minum isi ulang,”ungkapnya. (thg/ara)

Metrosiantar.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Setwan DPRD Padangsidimpuan Dapat Kategori Tipe C

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*