Kementerian Sosial Diminta Bantu Korban Banjir Mandailing Natal

Metrotvnews.com, Medan: Sebanyak 412 rumah rusak akibat banjir bandang di Kecamatan Panyabungan dan Kecamatan Naga Juang, Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Madina Risfan Juliardi mengatakan rusak berat sebanyak 141 rumah dan rusak ringan 271 rumah. Selain itu, Rumah ibadah masjid yang rusak, satu unit dan begitu juga gedung Sekolah Dasar (SD) satu unit.

Madina menambahkan ribuan hektare lahan pertanian masyarakat juga turut hancur. Seluruh kerusakan rumah tersebut, menurut dia, telah dilaporkan kepada Bupati Mandailing Natal dan Kementerian Sosial di Jakarta.

“Rumah penduduk yang rusak berat dan ringan tersebut, diharapkan dapat diperbaiki oleh Kementerian Sosial, menggingat warga di Kabupaten itu tidak memiliki tempat tinggal lagi dan terpaksa harus menumpang,” ujar Risfan seperti dilansir Antara, Senin (18/3).

Dia mengatakan, banjir yang terjadi di Madina pada pertengahan Februari 2013 ini, jauh lebih besar bila dibandingkan dengan banjir tahun 2012 lalu.

“Bantuan pemerintah pusat untuk musibah banjir yang terjadi di wilayah Pantai Barat Sumut sangat diharapkan untuk merehab rumah penduduk,” ucap dia.

Lebih lanjut Risfan menjelaskan, mengenai jumlah kerugian akibat banjir itu mencapai lebih kurang Rp 44 miliar.

Dia menyebutkan bencana banjir di Kecamatan Panyabungan terjadi Kamis (14/2) sekitar pukul 20.00 WIB yang melanda enam desa, beberapa di antaranya Desa Sopo Batu, Manyabar, Saba Jambu, Gunung Manaon, dan Pagaran Tonga.

Baca Juga :  700 Batang Ganja Ditemukan di Torsihite

Banjir tersebut terjadi akibat meluapnya air Sungai Aek Ranto Puran karena pada malam hari itu hujan turun cukup lebat.

Sebelumnya, kata Risfan, banjir bandang juga terjadi di Kecamatan Naga Juang, Rabu (13/2), menelan korban jiwa tiga orang, yakni Annum boru Regar, 45, Yusuf Nasution, 11, dan Gio Nasution, 4.

Data yang diperoleh di kantor Pemkab Madina, jumlah pengungsi banjir yang berada di Kecamatan Naga Juang sebanyak 953 kepala keluarga (KK) atau 4.176 jiwa.

Jumlah pengungsi banjir pada enam desa di Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal sebanyak 1.933 KK atau 8.017 jiwa. (Nav)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

  1. pemerintah pusat kayaknya gak adil nieh,kalo di jakarta yang banjir pasti cepat tanggap darurat sampai-sampai RI 1 pun komend.tiba giliran daerah bantu donk,,dunia ini gak lama kok,ingat yang di atas…..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*