Kental Unsur Politik, Kecil Peluang Kasus Gayus Tuntas

Peluang tuntasnya proses hukum kasus Gayus Tambunan diindikasikan semakin tipis. Penyelidikan Polri masih saja berkutat pada kasus pajak, sedangkan sumber uang yang diterima Gayus terkesan dihindari karena amat kental muatan politis.

Demikian kata Danang Kurniadi, peneliti pada Pusat Kajian Anti Korupsi Universitas Gajah Mada(Pukat-UGM). Hal ini disampaikannya usai acara Media Briefing Implementasi Keterbukaan Informasi di Pengadilan dan Kejaksaan di Hotel Century, Senayan, Jakarta, Sabtu(11/12/2010).

“Agak pesimistis apa yang dilakukan kepolisian karena yang diangkat pajaknya saja. Dana yang Gayus simpan di safety box dan akan ditindaklanjuti KPK, indikasinya tidak akan benar-benar terungkap dengan sepenuhnya,” ujar Danang.

Danang menjelaskan, adanya pengaruh politik yang besar dalam perkara Gayus Tambunan sehingga berimbas pada kinerja kepolisian. “Indikasi pada dikenakannya pasal gratifikasi pada Gayus, Itu kan minimal dan bukan maksimal. Ini seperti kasus-kasus yang lain hanya yang kecil terungkap, besarnya tidak,” terangnya.

Pengaruh politik di dalam kasus Gayus juga terlihat pada dana yang berasal dari sejumlah penguasa perusahan besar yang tidak pernah tersentuh oleh pihak yang berwenang. “Sampai detik ini kan tidak pernah ditindak lanjuti yang seperti itu,” kata Danang. (fiq/lh) (Detik.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Di Kasus Lain, Gatot Pujo Jadi Tersangka Lagi, Kini Karena Sogok DPRD

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*