Kepedulian Sosial Perlu Ditingkatkan

Petugas bagian Perlindungan Masyarakat (Linmas) Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, mengangkat logistik bantuan untuk korban bencana alam di Kota Panyabungan, Rabu (16/9). Logistik sisa bantuan korban longsor di Muara Sipongi tahun 2006 ini rencananya akan diberikan petugas kepada korban banjir di Kecamatan Muara Batang Gadis. Barang-barang ini kini masih tersimpan di Gudang Bagian Linmas Mandailing Natal di Panyabungan.

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepedulian sosial kepada sesama elemen masyarakat terhadap berbagai persoalan yang ada perlu ditingkatkan. Pada saat yang sama, secara sistemik dan holistik, negara harus berupaya meningkatkan peningkatan ekonomi dan kesejahteraan rakyat.

“Memperluas akses kelompok-kelompok marjinal terhadap bidang ekonomi, keadilan sosial, dan kepastian status,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring dari Bali, Selasa (20/4/2010), dalam siaran persnya yang diterima Kompas siang ini, yang menjelaskan tentang hasil pertemuan Komisi III dalam rapat kerja presiden dengan jajaran menteri dan gubernur, serta pemangku kepentingan (stakeholder) lainnya.

Menurut Tifatul, salah satu peserta sidang, Prof Muladi, bahkan mengimbau agar penanganan masalah ini tidak hanya ditangani pemerintah sendiri. “Sektor swasta dan stakeholder lainnya perlu dilibatkan. Kalau semua ditangani pemerintah, beban APBN akan berat sekali,” ujar Tifatul yang mengutip penjelasan Muladi.

Problem lain yang perlu diperhatikan bangsa ini adalah wilayah-wilayah terdepan, seperti perbatasan, daerah terluar, daerah pascakonflik, daerah terpencil, serta daerah-daerah kepulauan.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*